Sukses

Lifestyle

Selain Kutu Kemaluan, 2 Jenis Parasit Ini Juga Ada di Tubuhmu

Fimela.com, Jakarta Kalau daerah kemaluanmu sering gatal pada malam hari, sebaiknya kamu harus waspada. Jangan-jangan banyak kutu kemaluan yang bersarang di sana! Ya, kutu kemaluan yang nama latinnya Pthirus Pubis, menggigiti kulit daerah kemaluan dan menghisap darahmu. 

Sebenarnya, jenis kutu banyak sekali, lho! Ada kutu yang bersarang di bahan makanan mentah seperti beras yang lembab. Ada juga yang bersarang di tubuh beberapa binatang, seperti kera, gorila, atau monyet. Fakta yang mungkin belum banyak orang tahu tentang kutu manusia adalah kutu kemaluan bukan hanya satu-satunya jenis kutu yang kerap bersarang di tubuh manusia. 

Kutu kepala. Mungkin jenis kutu ini sudah diketahui banyak orang. Biasanya, ketika kulit kepala dan rambutmu tidak bersih, kutu akan bersarang dan berkembang biak di kepalamu. Meninggalkan telur-telur yang menempel pada helai-helai rambut, serta menggigiti kulit kepala dan menghisap darahmu. 

Dilansir dari PennState College of Agricultural Sciences, siklus kutu kepala ini, mulai dari telur hingga dewasa membutuhkan waktu 16-21 hari. Mungkin kamu tak ingin berdekatan dengan orang yang kepalanya kutuan, karena takut kutunya menular. Padahal, Centers for Disease Control and Prevention menulis, kutu kepala bergerak dengan cara merangkak dan tidak bisa melompat dari kepala satu ke kepala yang lain. 

Kutu kepala | via: kids.nationalgeographic.com

Kutu badan. Mungkin dari namanya, kamu mengira kutu ini bersarang pada tubuhmu seperti dada, kaki, tangan, dan punggung. Tapi, eMedicine Help menulis, kutu badan bersarang di pakaian! Centers for Disease Control menulis, kutu ini juga bertelur di pakaian manusia. Mereka akan berpindah ke tubuh manusia hanya untuk memakan kulitmu. Meksipun begitu, dilansir dari PennState College of Agricultural Sciences, tak jarang kutu badan juga meninggalkan telur-telurnya di rambut-rambut tubuh manusia. 

Kutu badan | via: blog.drsquatch.com

Bentuk kutu ini dengan kutu kepala tak jauh berbeda. Meksipun begitu, kutu badan bisa bertahan lebih lama, 30 hari, di luar tubuh manusia tanpa ada asupan darah dan kulit manusia. 

Itu dia dua jenis kutu yang kerap bersarang pada tubuh manusia, selain kutu kemaluan. Meskipun tak terdengar berbahaya, tapi kalau tidak diatasi kulitmu akan terluka. Darahmu pun akan terus dihisap kutu-kutu ini. Karena itu, pastikan kamu membersihkan tubuhmu secara rutin dan benar. Jangan lupa membersihkan pakaian, handuk, kasur, dan juga sarung bantal, agar tak ada kutu yang bersarang. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading