Sukses

Lifestyle

4 Startegi Buat Hadapi MEA 2016 Agar Kamu Bisa Bersaing

Fimela.com, Jakarta Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang telah diresmikan sejak 31 Desember 2015 lalu membuka peluang buatmu untuk berkarya. Tapi, dengan adanya MEA, kamu dan negara-negara ASEAN harus bersaing keras. Soalnya, orang dan perusahaan asing yang berasal dari negara-negara ASEAN bebas untuk melakukan perdagangan, investasi, dan bisnis di Indonesia. Begitu juga sebaliknya, kamu juga bebas melakukan perdagangan, bisnis, dan investasi di negara-negara ASEAN. 

Masalahnya, seberapa kuat dirimu agar bisa bersaing dengan masyarakt ASEAN? Untuk bisa bersaing dengan mereka, otomatis kamu harus punya banyak kemampuan yang dibutuhkan dunia. Berikut ini empat hal yang harus kamu miliki, agar bisa survive di era pasar bebas ini.

Bahasa asing. Mungkin banyak orang yang berpikir menguasai bahasa Inggris sudah cukup untuk bekal menuju kesuksesan. Tapi, dengan diresmikannya pasar bebas ini, kamu akan bekerja bersama orang-orang asing dari berbagai negara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Memang, mereka pasti bisa berbahasa Inggris dengan baik. Tapi, ketika kamu bekerja sama dan berkomunikasi menggunakan bahasa ibu mereka, kamu akan lebih dihargai dan komunikasi pun berjalan dengan lebih baik. 

Networking. Jaringan bukan hanya penting, tapi juga keharusan. Kamu akan menjalani kerja sama dengan para orang asing. Sekali kamu bekerja sama  dengan mereka, tak menutup kemungkinan kamu bakal menjalin kerja sama lagi dengan orang yang sama di masa depan. Jadi, jangan lupa untuk menjaga hubungan baik dengan partnermu. Selain itu, jaringan juga bisa membantu bisnismu untuk tumbuh semakin besar dan kuat di era MEA ini. 

Negosiasi. Untuk menjalin kerjasama, kamu pasti harus melakukan negosiasi untuk menentuka berapa persen keuntunganmu dan pihak mereka. Tak banyak orang yang pandai bernegosiasi sehingga bisa menghasilkan perjanjian yang saling menguntungkan. Ketika kamu dan pihak mereka sama-sama senang dan untung, maka persahabatan bisnis di antara kalian akan semakin kokoh. Hal ini akan mendorong kerja sama-kerja sama lainnya di masa depan. 

Public speaking. Kamu boleh saja cerdas dan punya banyak keahlian sehingga bisa menciptakan sesuatu yang mengubah dunia. Tapi, tanpa kemampuan untuk berbicara di hadapan orang banyak, isi kepalamu tak akan bisa tersampaikan kepada dunia. Apa lagi, di era MEA ini, peluang untuk bekerja di luar negeri pasti akan lebih besar. Kamu harus bisa mempresentasikan rencana, ide, dan kreativitasmu kepada para klien dan juga business partner.

Itu dia empat strategi menghadapi MEA 2016. Selain beberapa hal di atas, kamu juga harus meningkatkan kualitasmu dengan terus belajar tanpa henti. Mungkin, di era MEA tahun ini kamu akan mendapatkan peluang besar untuk bisa sukses di negeri orang. Tapi, jangan cepat merasa puas. Teruslah kembangkan dirimu sendiri dengan terus belajar tanpa henti. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading