Sukses

Lifestyle

4 Hal yang Harus Dilakukan Pengusaha Muda di Tahun 2016

Fimela.com, Jakarta Sepanjang tahun 2015 kemarin, pasti kamu mengalami banyak kesulitan dan juga penurunan. Bagi sebagian pengusaha muda, resolusi tahun 2016 sebenarnya tak melulu tentang kehidupanmu dan keluarga. Tapi, kamu juga harus memiliki resolusi demi kelancaran bisnismu. 

Tahun lalu, kamu mungkin sudah menentukan resolusi tahun 2015. Tapi, sebagian orang kerap mengeluh resolusi tak pernah berhasil dan justru terlupakan seiring berjalannya waktu. Nah, menurut seorang entrepreneur dan connector, John Ramptor, gagalnya menjalani resolusi karena target yang kamu tentukan tidak realistis. Berikut ini empat resolusi yang harus para pengusaha muda tentukan di tahun 2016 ini. 

Pahami keuanganmu sendiri. Banyak orang yang tak terlalu peduli dan memahami tentang akuntansi dan pembukuan bisnisnya. Memang, kamu mungkin sudah punya akuntan sendiri yang kamu percaya dan gaji dalam jumlah besar. Tugasnya memang mengatur jalannya keuangan bisnismu. Tapi, setiap pengusaha seharusnya memiliki pengetahuan umum tentang akuntansi dan berbagai perihal soal keuangan. Karena, kamu sendiri yang menjalani bisnis ini. Kamu yang harusnya tahu seluk-beluk dan keadaan bisnis yang sedang kamu jalani serinci mungkin. Jadi, belajarlah tentang pembukuan dan keuangan secepat mungkin. 

Tingkatkan kesehatan. Mungkin, kalau kamu banyak uang, masuk rumah sakit mana pun tak akan jadi masalah. Tapi, memangnya kamu ingin sakit-sakitan meski harta berlimpah? Mulai sekarang, tetapkan aturan untuk selalu makan makanan sehat dan berolahraga setiap hari. Jangan sampai kesehatanmu menurun, lho! Karena kalau kondisi fisikmu melemah, untuk mengontrol dan menjalani bisnis saja kamu akan kesulitan. 

Jadilah pemimpin yang tegas dan kuat. Ketika kamu menjalani bisnis, tekanan akan datang dari bawahan, tuntutan konsumen, dan juga dari para investor. Jangan pernah goyah hanya karena kamu sangat sibuk dan hidup terasa sangat berat. Jadilah pemimpin yang tegar, tahan banting, dan kuat. Jangan lupa, kamu juga harus menjadi pemimpin yang efektif agar bisa menyukseskan perusahaa, memuaskan investor, dan juga menyejahterakan karyawan. 

Jangan berhenti belajar. Meskipun kamu sudah bisa menghasilkan banyak uang dengan menjalani bisnismu, tapi bukan berarti kamu boleh berhenti belajar. Tidak harus kembali kuliah, kamu bisa juga mengambil kelas singkat atau juga kursus apa pun yang bisa menunjang bisnismu. Jangan sampai kamu akan tersaingi kompetitor lain yang terus memperbaharui pengetahuan dan mengasah kemampuannya. 

Itu dia empat hal yang bisa jadi resolusi tahun 2016 bagi para pengusaha muda. Jangan menyerah jika resolusi tahun kemarin tak ada yang berhasil kamu capai. Memikirkan resolusi yang belum tercapai tahun kemarin hanya akan membuatmu stres. Fokus saja pada target baru dan usahakan untuk mencapainya di tahun ini. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading