Sukses

Lifestyle

Meongers? Ini Segudang Fakta Menarik tentang Kucing

Fimela.com, Jakarta Kucing adalah salah satu hewan yang paling banyak dipilih sebagai hewan peliharaan. Ada banyak jenis kucing di dunia yang memerlukan perawatan berbeda-beda. Tentu saja lingkungan tempat kucing itu juga membuat kucing yang satu memiliki sifat berbeda dengan kucing lain. Tetapi ada beberapa fakta unik yang dapat ditemui hampir di seluruh kucing di dunia terutama karena fakta ini berhubungan dengan kondisi fisik mereka. Apa saja? Yuk, simak artikel berikut!

Pertama, usia kucing berbeda dengan usia manusia. Saat kucing berusia 6 bulan, ia memiliki pertumbuhan yang setara dengan manusia berusia 10 tahun. Inilah penyebab kucing nggak bisa hidup selama manusia. Umumnya, kucing yang dirawat dengan baik dapat hidup selama 15-20 tahun, sedangkan kucing liar rata-rata hanya bisa hidup selama 2 tahun. Kucing tertua tercatat memiliki umur hingga 36 tahun. Wow!

Kucing punya usia berbeda sama manusia. (Via: twitter.com)

Fakta unik lain adalah kucing akan mengahabiskan 30% masa hidupnya untuk grooming alias membersihkan diri. Kegiatan ini dilakukan dengan menjilati bulu mereka sendiri. Air liur kucing memiliki daya pembersih yang kuat meskipun dapat menimbulkan reaksi alergi pada manusia, lho. Sementara itu, sekitar 70% sisanya akan dipakai untuk tidur, di mana seekor kucing dapat tidur selama 12 hingga 16 jam per harinya. Bahkan beberapa kucing sanggup tidur hingga 20 jam selama satu hari.

30% hidup kucing untuk membersihkan dirinya. (Via: pefind.net)

Kucing biasanya hanya memiliki berat badan antara 2,5 sampai 7 kg, kecuali jika kucing tersebut diberi makan secara berlebihan. Sementara itu, kucing terkecil di dunia hanya memiliki panjang 7 cm. Meskipun jauh lebih kecil dari manusia, kucing memiliki jumlah tulang lebih banyak. Rata-rata kucing memiliki 230 tulang, sementara manusia cuma memiliki 206. Kucing bahkan dapat memiliki tulang tambahan di bagian jari depan. Biasanya, jari depan kucing berjumlah 5 di masing-masing sisi dan 4 di bagian belakang. Tetapi, beberapa kucing dapat memiliki hingga 7 jari depan. Banyak juga, ya?

Kucing punya tulang lebih banyak dari manusia. (Via: vk.com)

Fakta unik terakhir adalah meskipun kucing tampak kecil, lucu dan menggemaskan, hewan ini tercatat sebagai salah satu predator terhebat di dunia dan hampir memusnahkan mamalia-mamalia kecil. Hal ini dikarenakan kucing dapat memangsa beberapa ribu spesies hewan, mengalahkan harimau dan singa yang masih keluarganya. Hewan-hewan besar tersebut hanya mampu memangsa kurang dari 100 spesies dari seluruh spesies yang ada di dunia. *Big applouse buat kucing* (M. Sufyan)

Kucing adalah predator terhebat di dunia. (Via: pikabu.ru)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading