Sukses

Lifestyle

Rahasia Sukses di Bidang Kuliner

Fimela.com, Jakarta Saat ini bidang kuliner telah semakin menjadi sorotan dalam dunia bisnis. Bagaimana tidak? Banyak orang yang rela membayar sangat mahal hanya untuk sebuah santapan enak di restoran dengan gaya interior yang mewah. Jika kamu juga tertarik untuk memulai bisnis di bidang kuliner, kamu dapat menyimak beberapa rahasia sukses berikut ini yang dipaparkan oleh seorang pemerhati dan pelaku bisnis kuliner yang sudah terkenal di Indonesia, Bondan Winarno.

Yang pertama adalah kamu harus memiliki manajemen yang jelas. Hal ini berkaitan khususnya dengan harga dan peranmu dalam bisnis kuliner yang akan dijalankan. Harga bahan makanan sangat mudah berubah-ubah, dan kamu harus dapat memperkirakan kapan harga suatu bahan akan naik sehingga dirimu dapat menyiapkan cadangan. Dalam hal ini, membuat catatan sangatlah penting dan membantu daripada sekadar mengandalkan ingatan. Selain itu, ketika bisnis mulai berkembang, maka kamu akan merasakan bahwa manajemen keuangan merupakan hal yang menyita waktu, sehingga kamu harus mencari rekan dan membagi tugas antara siapa yang bertugas di dapur dan siapa yang mengatur keuangan.

via: Liputan6.com

Selanjutnya adalah untuk secara jelas menentukan siapa yang menjadi target konsumenmu. Tentunya makanan yang akan disajikan untuk pegawai kantor akan berbeda dengan mereka yang menginginkan makanan berkelas. Hal ini juga berkaitan dengan harga yang kamu tetapkan untuk makanan yang akan dijual dan lokasi yang akan kamu pilih untuk memulai usaha. Lokasi yang mudah diakses akan lebih menguntungkan terutama jika kamu baru saja memulai usaha ini. Berbeda dengan mereka yang sudah terkenal meski lokasinya cukup sulit dijangkau.

Hal penting yang harus diperhatikan berikutnya adalah mengenai pemasaran. Dengan adanya internet, saat ini pemasaran jauh lebih mudah dilakukan dengan bantuan berbagai media sosial. Dengan media ini kamu dapat menunjukkan tempat makanmu yang tentunya sudah ditata dengan menarik. Kamu juga dapat menunjukkan foto makanan yang kamu jual dan menarik minat calon konsumen untuk datang ke tempatmu. Bantuan konsumen dalam mengunggah foto mereka di tempat makan juga akan menjadi media promosi yang baik. Gunakan promo khusus untuk membuat konsumen membantu pemasaran usahamu.

via: bondanwinarno.blogseleb.com

Yang terakhir adalah hal-hal yang kecil tetapi tetap penting untuk diperhatikan seperti memberikan layanan untuk menu dibawa pulang. Dengan demikian, orang yang belum datang ke tempatmu dapat mencicipi masakan kamu terlebih dahulu dan kamu dapat menarik minat mereka. Jangan lupa juga untuk terus menjaga kualitas Sumber Daya Manusia dan memastikan kepuasan setiap konsumen yang datang, ya! (M. Sufyan)

Loading
Artikel Selanjutnya
Diary Fimela: Melesatnya Bisnis Kuliner Cokelat Jelang Hari Raya Idul Fitri