Sukses

Lifestyle

Waspada, Ini 4 Faktor Penyumbang Penyakit Stroke dan Jantung

Fimela.com, Jakarta Pola makan yang tak teratur dan terlalu banyak bisa menyebabkan obesitas dan kemungkinan besar bisa terserang penyakit jantung. Ya. penyakit ganas ini memang bisa merenggut nyawa siapapun, dimanapun dan kapanpun. Melakukan olahraga dan makan teratur bisa hampir pasti menghindari penyakit berbahaya tersebut dari tubuhmu.

Dilansir dari Liputan6, Menteri Kesehatan, Nila Moeleok menyampaikan bahwa setidaknya ada empat penyebab yang membuat penyakit stroke dan jantung kian meningkat di negara ini. Yakni, 26,1% karena kurangnya beraktivitas, 36,3% dikarenakan penduduk yang berusia kurang dari 15 tahun merokok.

Tak sampai di sana, 93,5% penduduk di atas 10 tahun kurang mengonsumsi sayur-mayur dan 4,6% penduduk di atas 10 tahun mengonsumsi minuman beralkohol. Keempat faktor risiko tersebut menjadi penyebab penyakit tidak menular (PTM) yang harus diperbaiki.

Nila Moeleok menambahkan, semenjak 2010 tejadi perubahan tren beban penyakit menular dari sebelumnya menular seperti gangguan pernapasan ISPA, tuberkulosis serta diare yang menjadi stroke dan jantung. Ia pun mengingatkan bahwa penyakit seperti stroke, jantung, kanker, dan diabetes bisa dicegah dengan perubahan gaya hidup.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung

    Penyakit Jantung

  • Stroke adalah kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.

    Stroke

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Kesehatan

Loading