Sukses

Lifestyle

Bertandang ke 5 Gua Mengagumkan di Malaysia

Fimela.com, Jakarta Akses yang mudah, serta tak terlalu jauh dari rumah mungkin jadi satu dari sekian banyak alasan turis Indonesia mengunjungi Malaysia. Ya, negara tetangga di utara Indonesia ini kerap jadi destinasi kala akhir pekan atau saat waktu berlibur hanya tersedia dalam kurun singkat.

Tak melulu city road, negeri jiran pun sanggup hadirkan pengalaman wisata alam yang tak kalah memukau, jelajah gua misalnya. Memang terlihat serupa, namun suguhan pesona yang ditawarkan ternyata punya kesan berbeda. Berikut sederet gua di Malaysia yang bisa jadi alternatif.

Gua Niah. Berlokasi di Miri, Sarawak, gua Niah jadi 'rumah' di mana sejarah manusia purba bisa dikenal lebih dalam. Terbagi menjadi dua seksi, yakni The Great Cave dan The Painted Cave, gua yang berjarak perjalanan satu setengah jam dari pusat kota Miri ini sanggup memberi petualangan bawah tanah tak terlupakan.

 

A photo posted by Izzar Anwari (@izzar) on

Gua Clearwater. Dipercaya sebagai salah satu gua terpanjang di dunia, Clearwater berada di lingkupan taman nasional Gunung Mulu, Serawak. Selain itu, gua Clearwater juga punya volume air yang fantastis. Topografi melingkar yang dimiliki Clearwater pun membuatnya jadi gua favorit para pecinta fotografi bawah tanah.

 

A photo posted by @fai_thitisuda on

Gua Dark. Uniknya, beberapa gua di Malaysia memang memuat kuil-kuil eksotis, termasuk Dark. Namun, salah satu kuil Hindu paling terkenal di dunia, yakni Sri Subramaniam, bukan pesona tunggal yang dimiliki gua Dark. Berada di wilayah Gombak, Selangor, gua Dark juga jadi rumah bagi sederet hewan purba, salah satunya jenis laba-laba langka. 

 

A photo posted by M. Påhle (@paahle) on

Gua Perak. 6 kilometer di utara Ipoh, terdapat gua memesona di mana terdapat salah satu lukisan gua paling tua di Bumi. Dinding gua Perak kerap dihiasi oleh ragam warna lukisan yang menggambarkan mitologi Cina dan kitab suci umat Buddha. Seakan gua ini ingin memberi pengetahuan dengan cara menyenangkan.

 

#guaperak #ipoh #perak #malaysia #day2

A photo posted by 🌻 리신이 (@happygiggl3s) on

Gua Nasib Bagus. Seperti Clearwater, gua Nasib Bagus pun masih berlokasi di taman nasional Gunung Mulu, Sarawak. Gua ini memuat 'kamar' bawah tanah terbesar di dunia. Tak tanggung-tanggung, Lubang Nasib Bagus punya panjang hingga 600 meter, lebar 400 meter, dan tinggi 60 meter.

 

A photo posted by Saliha Yazaroğlu (@slyzrl) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading