Sukses

Lifestyle

Pertama Kali 'Traveling' ke India? Jangan Tak Tahu 5 Tips Ini

Fimela.com, Jakarta Eropa boleh saja tersohor akan bangunan-bangunan megah dengan arsitektur menawan, namun Asia pun punya tawaran 'warna' lain untuk dicicip para pelancong dunia. Ragam tradisi, budaya, serta eksotisme kota-kota kuno Jalur Sutra adalah sedikit godaan untuk menjelajah daratan di selatan Eropa ini.

Dari sekian banyak negara, India muncul sebagai salah satu destinasi menarik. Bahkan musisi legendaris sekelas lead guitarist The Beatles, George Harisson, saja jatuh hati pada negara tetangga Pakistan itu. Tertarik bertandang ke tanah Hindustan untuk kali pertama? Menurut Lonely Planet, tips-tips ini yang jangan sampai dilewatkan.

Pilih rute yang tepat. Bukan negara kecil, berbagai hal tak akan bisa dilihat secara keseluruhan dalam satu kali perjalanan. Karenanya, memilih rute yang tepat tentu jadi solusi terbaik. Buat daftar tentang apa-apa saja yang menarik perhatianmu, apa yang hendak dilakukan, dan berapa banyak waktu yang dimiliki. Berangkat dari tiga indikator itu, maka itinerary bisa disusun dengan lebih bijak.

 

A photo posted by @daria_eliseeva on

Perlambat langkah. Maksudnya, jangan buat terlalu banyak agenda dalam traveling. Sebenarnya ini berkaitan dengan poin yang pertama. Ya, India memang punya banyak titik menarik untuk dikunjungi, namun untuk apa kalau tak bisa berdiam lebih lama untuk berkeliling, melakukan perbincangan dengan warga lokal, atau sekedar 'menyapa' alam negara yang sempat terlibat perang agama tersebut?

Hindari keramaian. Dengan jutaan penduduk lokal, India jadi satu wilayah di mana kerumunan terlihat hampir di setiap sudut. Festival di suatu kota memang terdengar seru, namun godaan untuk mencicip sisi lain India pun tak kalah menggairahkan. Bergeser sedikit ke utara, Ladakh, Sikkim, dan Himachal Pradesh jadi pilihan terbaik untuk merasakan ketenangan di antara dingin pegunungan Himalaya.

 

A photo posted by Red Scarab (@red_scarab) on

Tetap sehat. Meski tips ini berlaku bagi setiap perjalanan, namun perhatian akan kesehatan ini harus melonjak kala mengunjungi India. Terkait makanan, hidangan India kerap identik dengan bumbu-bumbu tajam, pedas, dan bersantan. Karenanya, menjaga pola makan sangat dibutuhkan di sini, juga mengonsumsi air mineral dalam kadar cukup untuk menetralisir berbagai racun yang tak sengaja masuk ke tubuh.

Perhatikan suhu tubuh. Kalau memilih rute yang sedikit 'melompat-lompat', di mana terkadang satu kota terasa sangat panas, namun di hari lain justru mengunjungi daerah beku, maka menjaga suhu tubuh tentu jadi satu hal krusial. Masih terkait kesehatan, tentu akan merepotkan kalau tubuh sampai jatuh sakit di India, terlebih kalau sedang solo travel.

 

A photo posted by Suveen Angraal (@suveenangraal) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading