Sukses

Lifestyle

Bukan Malapraktik, Begini Prosedur Chiropractic yang Benar

Bintang.com, Jakarta Nasib malang yang menimpa Allya Siska Nadya usai melakukan terapi chiropractic di klinik Chiropractic First, di Pondok Indah, ternyata disebabkan malapraktik chiropractor. Sebuah media lokal bahkan menulis, Allya melakukan dua kali sesi terapi dalam sehari, siang pukul 14.00 WIB dan jam 19.00 WIB.  Padahal, dalam ketentuannya, pengobatan chiropractic dilakukan secara bertahap dan perlahan-lahan.

Selain itu, chiropractic memang sudah dikenal di seluruh dunia, sebagai metode perbaikan tulang belakang yang tak bakal sakit. Karena itu, proses dan tata cara pengobatan ini harus dilakukan dengan kesabaran penuh dan bertahap. Seperti yang dilakukan Dr. Robert Lamport dan Dr. Ian Rossborough dari Chiropractic Excellen, Australia. 

Kedua chiropractor ini memiliki pasien seorang gadis kecil yang sudah lama mengalami disfingsi tangan dan lengan. Profesional medis mengatakan tidak diketahui penyebab disfungsi ini. Gonstead Clinical Chiropractic Research, Education and Fellowship melakukan beberapa tes untuk mengetahui penyebab disfungsi yang dialami gadis asal India ini. 

Kedua chiropractor kemudian mempelajari pergerakan lengan dan tangan gadis tersebut, melalui sebuah rekaman video. Setelah itu mereka meminta si gadis kecil untuk menyentuhkan ujung ibu jari pada ujung jari-jari lainnya di tangan yang sama. Akibat disfungsi ini gadis tersebut tidak bisa melakukannya dengan baik dan bahkan kesulitan untuk memutar pergelangan tangan. 

Mereka lantas melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan menggunakan sinar-X. Dari situlah mereka menemukan ada sebuah kesalahan posisi pada tulang leher bagian belakang si gadis, yang menyebabkan sebuah saraf terjepit. Kemudian, mereka melakukan sebuah tes ketangkasan, dengan mengambil sebuah koin di atas meja. Gadis itu nampak masih kesulitan dan bahkan tidak bisa melakukannya. Karena jari dan pergelangan tanggannya tak bisa dikontrol dengan baik. 

Baru setelah itu salah satu chiropractor melakukan terapi pertama untuk memposisikan tulang leher agar saraf tak lagi terjepit. Tidak seperti chiropractor yang menangani Allya, mereka melakukan terapi selanjutnya minggu depan dan terapi terakhir tiga minggu setelahnya. Berikut ini video Dr. Lamport dan Dr. Rossborough dalam menangani kasus disfungsi lengan dan tangan. 

Loading