Sukses

Lifestyle

Kenali Kanker Paru-paru yang Buat Budi Anduk Meninggal

Fimela.com, Jakarta Komedian Budi Anduk meninggal kemarin, Senin (11/1/2015). Diketahui penyebabnya yakni kanker paru-paru. Kanker ini sangat mematikan dan rata-rata penderitanya tidak bisa sembuh. Tentunya kamu harus lebih waspada dengan penyakit ini, ya.

Kanker paru-paru sebenarnya bisa dicegah jika terdeteksi sejak dini. Kanker paru-paru terdiri dari 2 jenis berdasarkan selnya. Pertama kanker paru-paru sel kecil. Kedua, kanker paru-paru non-sel kecil. Jenis yang pertama lebih cepat menyebar dan lebih mematikan. Namun jenis yang kedua empat kali lipat peluang terjadinya ketimbang yang pertama.

Dunia hiburan Tanah Air tengah bersedih karena salah satu komedian, Budi Anduk tutup usia.

Mereka yang berisiko terkena kanker paru-paru yakni para perokok aktif. Namun bukan berarti mereka yang tidak merokok terhindar dari penyakit ini. Karena selain dari rokok, penderita bisa terjangkit gara-gara menghirup polusi, arsenik, dan radiasi. Hiii, seram ya.

Seperti yang Bintang.com sebutkan. Penyakit ini sebenarnya mudah untuk dideteksi secara dini. Ini beberapa tanda-tandanya, termasuk batuk berkelanjutan hingga akhirnya mengalami batuk darah. Mengalami sesak nafas dan nyeri dada. Sering merasa lelah tanpa alasan, pembengkakan pada muka atau leher, sakit kepala parah, ngilu tulang, berat badan menurun, kehilangan selera makan, suara serak, kesulitan menelan atau sakit saat menelan sesuatu, hingga perubahan dalam ujung jari yang menjadi cembung. Gawat abis, nih.

Ilustrasi kanker paru-paru yang bikin komedian Budi Anduk meninggal | Via: sapnuherbal.com

Pengobatan kanker paru-paru pun hampir sama dengan kanker lainnya. Termasuk menjalani kemoterapi. Well, untuk menghindari penyakit ini sebaiknya kurangi kebiasaan merokok atau hentikan sama sekali. Ingat, kesehatanmu lebih mahal, guys. Jangan sampai nasibmu seperti komedian Budi Anduk meninggal dunia sebab penyakit ini.

Ilustrasi kanker paru-paru yang bikin komedian Budi Anduk meninggal | Via: sapnuherbal.com

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading