Sukses

Lifestyle

Serunya Wisata Sejarah di Bandung

Fimela.com, Jakarta Bandung sudah tidak asing lagi sebagai sebuah kota dengan banyak tempat wisata. Tidak hanya dikenal dengan wisata alam ataupun wisata belanjanya saja, Kota Bandung juga hadir dengan banyak pilihan akan tujuan wisata sejarah. Wisata sejarah dapat menjadi pilihan alternatif bagi kamu yang akan berlibur ke Kota Bandung, sekaligus dapat menjadi wisata edukasi yang menyenangkan bagi keluarga, khususnya anak-anak.

Salah satu tempat bersejarah yang wajib dikunjungi adalah Villa Isola yang terletak di Jalan Setiabudi, tepatnya di kompleks Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Masyarakat saat ini mungkin banyak yang lebih mengenalnya dengan nama “Bumi Siliwangi”. Villa Isola dulunya merupakan milik seorang wanita Belanda dan sekarang sudah berganti fungsi karena dimanfaatkan UPI. Villa Isola memiliki gaya arsitektur Eropa yang sangat indah yang dapat kamu manfaatkan sebagai obyek foto selagi mempelajari lebih lanjut mengenai villa ini di masa lalu.

 

A photo posted by @gara.pw on

Selain itu, banyak juga situs sejarah yang berhubungan dengan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Salah satunya adalah Sel Banceuy tempat Soekarno pernah ditahan oleh Belanda pada tahun 1929-1930. Gedung ini juga dirawat oleh Pemerintah Kota sehingga tidak terkesan kumuh dan pengunjung dapat melihat jejak-jejak peninggalan jaman dahulu seperti tulisan Soekarno di penjara yang masih utuh ini. Sel Banceuy juga merupakan tempat disusunnya pembelaan Soekarno dalam sidang dengan pemerintah Belanda yang terjadi di Landraard atau Gedung Indonesia Menggugat.

 

A photo posted by Mia Nugroho (@nugrohomia) on

Situs sejarah selanjutnya adalah sebuah rumah yang dulunya merupakan milik Inggit Garnasih, pendamping Bung Karno ketika sidangnya di Landraard. Di rumah ini, pengunjung dapat melihat jejak kehidupan pribadi Bung Karno sebelum menjadi Presiden, yakni ketika Bung Karno pertama kali datang ke Kota Bandung hingga menikah dengan Inggit Ganarsih. Rumah ini bisa kamu temui di Jalan Ciateul No.8.

Ada juga salah satu gedung yang paling dikenal di Kota Bandung yang dipenuhi dengan kisah sejarah. Nama gedung ini adalah Gedung Merdeka, yang letaknya hanya 50 meter dari Alun-alun Kota Bandung, merupakan tempat digelarnya Konferensi Asia Afrika pertama pada tahun 1955. Cerita lengkap mengenai sejarah KAA dapat dilihat juga di Museum KAA yang terletak di sebelah Gedung Merdeka. Selain tentang KAA ada juga berbagai info mengenai Bung Karno sebagai Pemimpin Bangsa Indonesia. Itulah beberapa situs sejarah di Kota Bandung yang dapat kamu kunjungi di waktu liburan. (M. Sufyan)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading