Sukses

Lifestyle

Gagal Jantung Kabarnya Renggut Nyawa Panji Hilmansyah, Apa Sebab?

Fimela.com, Jakarta Berpulangnya sang putra sulung, Panji Hilmansyah, membuat rundungan awan duka 'hinggap' di keluarga Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Sedang melanjutkan sekolah sebagai instruktur pilot, laki-laki berusia 31 tahun itu tutup usia di Naples, Florida, Amerika Serikat.

Meski berdasarkan pesan dari pihak keluarga yang disampaikan melalui Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Lilly Aprilya Pregiwati, waktu dan penyebab meninggalnya Panji belum bisa dipastikan. Namun gagal jantung jadi dugaan kuat penyebab putra sulung Menteri Susi meninggal dunia.

Selepas kepergian sang putra Panji Hilmansyah, rumah Menteri Susi Pudjiastuti 'dibanjiri' karangan bunga, | via: Febriyani Frisca Rahmania/Bintang.com

Mungkin, pertanyaan besar selanjutnya yang muncul dibenak, yakni penyebab gagal jantung itu sendiri. Padahal berdasarkan penuturan keluarga, Panji tak punya riwayat penyakit jantung. Dilansir dari National Institute of Health Amerika Serikat, gagal jantung bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Beberapa di antaranya, yaitu kerusakan atau otot jantung yang bekerja secara berlebihan. Karena tak digunakan dalam kadar normal, maka lama-kelamaan otot jantung mengalami proses pelemahan. Berangkat dari fakta itu, maka proses pemompaan darah pun tak berjalan sebagaimana mestinya.

Menteri Susi Pudjiastuti berfoto bersama keluarga, termasuk di antaranya Panji Hilmansyah. (Dok. Keluarga)

Pasalnya, beberapa protein dan nutrisi penting lainnnya bisa saja malah tak dilepaskan ke aliran darah. Jadi, menyebarnya racun dalam tubuh pun sangat mungkin terjadi. Diduga sebagai perenggut nyawa Panji Hilmansyah, putra sulung Menteri Susi Pudjiastuti, gagal jantung juga bisa terjadi karena diabetes dan tekanan darah tinggi.

Loading