Sukses

Lifestyle

Seperti Sianida, Ketakutan Jadi 'Racun' yang Bikin Kamu Gagal

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya sianida yang bisa membunuhmu, ketakutan juga bisa 'membunuh' kariermu ketika membangun sebuah bisnis. Menjadi pengusaha memang tak mudah. Banyak orang yang 'gulung tikar' hanya dalam waktu singkat sejak meniti usahanya. Ada sebab, ada akibat. Kegagalan yang pernah kamu alami pasti memiliki sebab yang jelas. Tapi, kadang sebagian orang tidak memerhatikannya. 

Kurangnya pengalaman, ketidakseriusan, dan kurangnya ketekunan dalam diri memang bisa membuat seseorang gagal saat membangun sebuah usaha. Tapi, majalah Inc menulis, sumber yang menjadikanmu kerap kali gagal jsutru ketakutan. Meskipun hal ini wajar, ketakutan seperti racun yang menjalar ke seluruh bagian tubuh. 

Rasa takut, ungkap penulis Inc di bidang kewirausahaan, Kevin Daum, memang merupakan hal yang wajar ketika kamu baru memulai sebuah bisnis. Kamu mungkin takut tak dapat pelanggan. Takut menghadapi berbagai compaint dari pelanggan dan klien. Bahkan, kamu juga takut tak mendapatkan keuntungan yang besar. 

Seperti Sianida, Ketakutan Jadi 'Racun' yang Bikin Kamu Gagal | via: businesscollective.com

Soal uang memang kadang mendominasi pikiran. Apa lagi, ketika kamu mengerahkan seluruh tenaga dan harta yang kamu punya untuk  mmebangun bisnis ini. Tapi, konsumen tetap nomor satu. Kamu harus fokus dengan kualitas produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Ketakutan ternyata juga bisa meningkatkan potensi emosional negatif. Soalnya, rasa takut itu sudah muncul ketika kamu bahkan belum terjun ke 'lapangan.' Misalnya, ketika kamu ingin melakukan negosiasi dengan klien dan para konsumen, kamu sudah takut mereka tak akan setuju dengan penawaranmu. Padahal, kalau rasa takut itu bisa sirna, peluang keberhasilan mungkin saja akan menjadi lebih besar. 

Seperti Sianida, Ketakutan Jadi 'Racun' yang Bikin Kamu Gagal | via: sabusinessindex.co.za

Karena itu, hanya ada satu jalan kalau kamu ingin sukses meniti karier sebagai pengusaha. Jangan pernah takut untuk memulai. Jangan pernah biarkan rasa takut dan khawatir menggerogoti semangat untuk mencapai pintu kesuksesan

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading