Sukses

Lifestyle

Awas, Bisa Jadi Ada Psikopat di Lingkungan Kerjamu!

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya muncul dalam komik, novel, dan film thriller, psikopat ternyata juga ada di kehidupan nyata. Tapi, mungkin selama ini kamu hanya mendengar dari berita TV dan juga koran-koran pada kasus pembunuhan. Meskipun begitu, psikopat ternyata ada di mana-mana, bahkan di sekitar lingkungan kerjamu. 

Buku-buku seperti Snake in Suites: When Psychopaths Go to Work karya Robert D. Hare dan Paul Babiak, bahkan berbagai penelitian serta kisah pengalaman beberapa orang menunjukkan, ada kemungkinan para psikopat berjalan di antara kamu dan orang lain. Tidak terkecuali lingkungan kerjamu. 

Forbes menulis, sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2010 menunjukkan, sekelompok manajer dinilai para peneliti punya tanda psikopat yang tingkatnya lebih tinggi dari populasi umum. Tidak hanya itu, mereka juga mengklaim 1 dari 100 orang memenuhi syarat sebagai psikopat. 

Robert Hare dari Hare Psichopathy Checklist mengatakan, ada beberapa tanda yang menunjukkan kalau rekan kerjamu merupakan psikopat. Dilansir dari majalah Inc, psikopat biasanya memiliki sifat yang menarik. Suka menghibur, senang mengobrol, dan sama sekali tidak mencurigakan. 

Awas, Bisa Jadi Ada Psikopat di Lingkungan Kerjamu! | via: roguehealthandfitness.com

"Psikopat biasanya justru lucu dan suka menghibur. Mereka juga biasanya cerdas dan disenangi banyak orang," jelas Hare kepada Inc. Meskipun begitu, Hare melanjutkan, seorang psikopat cenderung melihat dirinya sendiri sebagai pusat alam semesta. Dia akan membenarkan apa yang menurutnya benar. 

Dalam lingkungan kantor, mungkin kamu sulit menandai mana rekan kerjamu yang cenderung memiliki tanda-tanda psikopat. Tapi, justru dalam lingkungan ini kamu bisa mengetahuinya hanya dengan memerhatikan bagaimana mereka menyusun rencana ketika bekerja. 

Awas, Bisa Jadi Ada Psikopat di Lingkungan Kerjamu! | via: mydoorsign.com

Hare mengatakan kepada Inc, psikopat cenderung menentukan goal yang besar pada diri mereka sendiri. Bedanya dengan orang bias, mereka tidak khawatir sama sekali dengan eksekusi ide atau goal tersebut. Jadi, kalau kamu menemukan ada rekan kerja yang memenuhi kriteria seperti yang dikatakan Hare, ada kemungkinan kamu selama ini bekerja dengan seorang psikopat. 

Tapi bukan berarti kamu harus merasa ketakutan dan justru menjauhi mereka. Tetaplah bekerja dengan baik di kantor. Selama dia tidak melanggar aturan di kantor, sebaiknya kamu tetap menjaga hubungan baik dengannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading