Sukses

Lifestyle

Susunan Deklarasi Kemerdekaan AS 'Nyontek' Dari Alquran

Fimela.com, Jakarta Bisa jadi kenyataan ini bikin kamu kaget. Namun sebuah fakta menyeruak pada 2006 lalu membuktikan, deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat banyak yang mengadopsi ayat-ayat Alquran. Kitab suci umat Islam ini memang sarat dengan nilai-nilai universal. Ini lantaran Alquran memang diturunkan untuk seluruh manusia sebagai rahmat, demikian yang diyakini setiap muslim.

Pada 2006 saat seorang muslim bernama Keith Ellison terpilih menjadi anggota Kongres AS dari Minnesota dia disumpah dengan Alquran. Dia orang Islam pertama yang dikukuhkan sebagai anggota lembaga legislatif Negeri Adidaya itu. Alquran yang digunakannya ternyata milik bapak perumus deklarasi kemerdekaan AS yakni Thomas Jefferson. Alquran itu masih rapi tersimpan di perpustakaannya. Darimana Thomas Jefferson punya Alquran, ya?

Keith Ellison, anggota Kongres Amerika Serikat muslim disumpah di atas Alquran milik pendiri AS Thomas Jefferson | Via: jadiberita.com

Pertanyaan bagus, guys. Dalam buku yang dibuat penulis AS Denise Spellberg berjudul 'Thomas Jefferson's Qur'an: Islam and the Founders' disebutkan kitab suci umat Islam itu memang mempengaruhi ide-ide presiden AS ke-3 ini. Terutama soal keberagaman dan kebebasan beragama. Nilai-nilai ini yang disematkan dalam deklarasi kemerdekaan Negeri Paman Sam tersebut. Bagi Jefferson ajaran Islam itu sangat luar biasa dan cocok untuk tatanan dunia.

Dalam buku tadi juga diceritakan, Jefferson merupakan pecinta buku. Dia membaca buku apa pun tanpa memilih. Termasuk membaca Alquran. Dia bahkan memesan salinannya secara khusus pada 1765. Setelah mempelajarinya selama 11 tahun, dia mengakui jika isi Alquran amatlah indah dan maknanya dalam luar biasa.

Salinan deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat | Via: jadiberita.com

Bahkan, dari lansiran Oxford Islamic Studies terkuak, deklarasi kemerdekaan AS mirip-mirip Piagam Madinah, lho guys! Keren banget, kan. Deklarasi kemerdekaan AS menyebutkan negara melindungi kebebasan beragama rakyatnya. Begitu pula dengan Piagam Madinah. Umat Islam sebagai mayoritas wajib dan harus melindungi umat berkeyakinan lain serta menjamin mereka bisa melangsungkan ritual keagamaannya tanpa rasa takut.

Bukan main ternyata isi Alquran, ya. Bahkan bapak pendiri Amerika Serikat pun sangat terinspirasi dari kitab suci ini. Semoga kedamaian Alquran juga menginpirasi kamu ya, guys. Amin amin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading