Sukses

Lifestyle

5 Cara Agar Kamu Bisa Mendapatkan Uang Tambahan dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Di bulan Januari ini, kamu mungkin sudah bertekad untuk menabung dan berhemat, agar keuanganmu tahun ini sehat. Meskipun menabung dan berhemat saja bisa meningkatkan kondisi kesehatanmu, tapi ada banyak hal lainnya yang juga bakal membuat pendapatanmu meningkat. 

Meskipun kamu sudah punya gaji, ketika kamu memiliki pendapatan dari banyak sumber, keuanganmu akan semakin kuat. Dengan begitu, masa depanmu pun akan semakin tenang. Tapi, banyak orang yang pusing karena bingung ke mana harus mencari uang tambahan. Tanpa harus melepas pekerjaanmu sekarang, Bintang.com kali ini bakal memberikan lima ide agar kamu bisa punya uang tambahan. 

Pekerjaan sambilan. Kamu yang memiliki waktu luang di akhir pekan bisa memiliki pekerjaan sambilan. Misalnya, mengajar bahasa asing atau privat musik dan olahraga. Tapi, kamu harus punya keahlian khusus untuk mengajar orang lain. Selain mengajar, kamu juga bisa mengandalkan kemampuanmu di bidang yang kamu kuasai. 

Misalnya, kamu jago mendesain web. Jangan hanya bekerja di perushaaanmu, tapi cobalah untuk mencari uang tambahan dengan menawarkan jasa desain web bagi para blogger awam. Satu hal yang paling penting kalau kamu ingin punya pekerjaan sambilan, lakukan di waktu luangmu agar tidak mengganggu pekerjaan tetap. 

Bisnis. Kalau kamu merasa pekerjaan sambilan tidak cocok, kamu bisa membuka sebuah usaha kecil-kecilan yang bisa kamu jalani di setiap waktu luangmu. Misalnya, membuka toko online. Pilih bisnis kecil yang tidak membuatmu lupa dan meninggalkan pekerjaan tetap. 

Banyak orang yang menjalani bisnis sambil bekerja pada awalnya. Setelah bisnis berjalan lancar dan menguntungkan, mereka lantas mulai berani untuk 'melepas' pekerjaan tetapnya. Kamu juga boleh melakukan ini. Asalkan kamu yakin bisnis berjalan baik dan tidak akan membuatmu rugi setelah meninggalkan pekerjaan tetap. 

Menjual barang yang sudah tidak terpakai. Kalau kamu tidak punya waktu sama sekali, kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan tanpa harus bekerja. Caranya, dengan menjual barang yang sudah tidak terpakai di rumah. Seperti baju bekas yang masih bagus atau buku-buku yang sudah kamu baca ratusan kali. 

Menulis. Jangan hanya mengendapkan ide di dalam benak, yang akhirnya nanti mengkristal dan tak bisa diwujudkan. Lebih baik, tulis idemu dan sampaikan kepada banyak orang. Ada banyak wadah untuk menulis. Mulai dari media massa cetak hingga online. Kamu bisa sampaikan pendapatmu di rubrik opini. 

Selain menulis opini, kamu juga bisa menulis buku, lho! Kalau belum mau serius melakukan pekerjaan ini dan menerbitkannya lewat penerbit besar, kamu bisa mencari penerbit kecil atau menjualnya dalam bentuk e-book. Justru penulis-penulis buku digital kini sedang digandrungi para pecinta gadget dan teknologi modern. Cobalah belajar bagaimana membuat sebuah e-book, mulai dari yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. 

Ngeblog. Menulis pada blog pribadi ternyata juga bisa mendapatkan uang! Kamu yang punya blog dengan visitors banyak akan mengundang banyak orang yang ingin menaruh iklan pada blogmu. Kamu akan dibayar dengan berbagai sistem tertentu. Ada yang sistemnya pay per click (PPC). Jadi, setiap kali pengunjungmu meng-klik iklan pada laman blog, kamu akan mendapatkan uang.meskipun jumlahnya kecil, tapi kalau kamu punya banyak visitor, pendapatanmu juga bisa lumayan, lho! 

Nah, itu dia lima cara mendapatkan uang tambahan di luar gaji bulanan. Kelima pekerjaan di atas bisa kamu lakukan tanpa harus meninggalkan profesi yang kini sedang kamu jalani. Jangan hanya mengandalkan tabungan dan sistem penghematan. Soalnya, dengan memiliki sumber pendapatan lebih dari satu, keuanganmu akan semakin kuat dan sehat di masa depan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading