Sukses

Lifestyle

Hindari 3 Hal Ini, Agar Kamu Bisa Menabung Lebih Banyak

Fimela.com, Jakarta Untuk bisa mengumpulkan uang lebih banyak, kamu mungkin berpikir untuk meningkatkan pendapatan dengan berbagai cara. Tapi, ada cara lain agar uang yang bisa kamu tabung lebih banyak. Tanpa harus 'menyiksa' dirimu sendiri dengan terlalu mengirit, kamu sebenarnya bisa mengakali keuanganmu. 

Merujuk pada apa yang dikatakan penasihat keuangan personal Tony Robbins, Ajay Gupta, ada tiga hal yang harus kamu hindari agar uang yang kamu tabung lebih banyak. Ajay, yang juga merupakan pengusaha dan juga wealth manager menyarankan agar tidak mengikutsertakan emosimu pada keuangan. 

Biaya. Hampir setiap kegiatan pasti ada biayanya. Kamu ingin mengirim barang melalui kurir, pasti ada biayanya. Karena itu, untuk bisa lebih berhemat lagi, usahakan lakukan sendiri apa yang bisa kamu lakukan, agar tidak ada biaya yang dikeluarkan. Misalnya kamu ingin mengirim barang ke rumah temanmu. Kalau jaraknya dekat lebih baik kamu sendiri yang mengantarkan. Atau kalau jaraknya jauh, lebih baik kamu mencari cara lain agar tidak mengeluarkan biaya. Seperti menitip kepada teman atau saudara. 

Emosi. Banyak orang yang mengikutsertakan emosinya pada saat memutuskan sesuatu dan berurusan dengan uang. Misalnya, ketika suasana hatimu sedang tidak baik, kamu cenderung untuk belanja lebih banyak barang dan membeli lebih banyak makanan. Tapi, tanpa emosi, Ajay mengatakan kepada majalah Inc, kamu akan membeli lebih banyak ketika harga turun. Sebaliknya, kamu akan menjual sahammu ketika harga sedang naik. Emosi ternyata memengaruhimu ketika memutuskan sesuatu. 

Jumlah iuran dan bunga cicilan yang tinggi. Bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang penting yang kamu perlukan. Tapi, sebaiknya kamu hindari suku bunga yang tinggi dan jumlah iuran yang besar setiap bulannya. Jumlah iuran perbulan pun jangan sampai melebihi 30% dari seluruh pendapatanmu per bulan. 

Itu dia tiga hal yang harus kamu hindari. Hal yang paling penting, menurut Ajay, seperti yang dilansir dari Inc, jangan pernah biarkan dirimu memutuskan berdasarkan emosi. Agar kamu bisa memiliki uang lebih banyak untuk ditabung. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading