Sukses

Lifestyle

Koneksi Bisa Tentukan Kesuksesan Masa Depan?

Fimela.com, Jakarta Selama ini, ada perbedaan pendapat mengenai pentingnya jaringan atau koneksi di dunia kerja. Sebagian orang bilang, ketika kamu tidak menjalin koneksi, hidupmu bakalan susah. Susah cari kerja, susah mendapatkan pekerjaan, susah pula untuk menjalani hidup. Tapi, sebagian yang lain justru lebih mementingkan pengalaman dan juga kemampuan khusus yang kamu harus punya, agar bisa bersaing dengan orang lain.

Mungkin, ada beberapa orang yang kecewa karena kepercayaan jaringan itu penting ternyata tak juga membantu melancarkan jalan hidup mereka di dunia karier. Jaringan, memang bukan satu-satunya gerbang untuk menuju kesuksesan. Kamu ternyata juga harus memiliki kemampuan dan juga pengetahuan. 

Bahkan, Kelly Hoey menulis, ada empat hal yang menjadi pondasi agar hidupmu menjadi lancar. Pada tulisannya yang berjudul Four Innovators You Just Have to Watch pada Inc Asean, Hoey menyimpulkan empat hal yang terpenting agar sukses, bukan hanya dalam bidang bisnis, tapi juga dalam hidup. 

Keempat hal tersebut meliputi investasi pada dirimu sendiri, selalu memelihara koneksi atau jaringan, jangan hanya percaya pada satu orang, dan beranilah untuk mengatakan "tidak" kepada orang lain. Investasi bukan hanya perkara uang dan kekayaan. Tapi juga tentang meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Kamu yang ingin tetap bisa survive di dunia karier yang keras, harus memiliki satu keahlian agar bisa 'dilihat' klien dan juga atasan. 

Sementara itu, jaringan sangat kamu perlukan. Bukan untuk membuka jalan agar kamu bisa bekerja di perusahaan besar atau bisa menjalin bisnis dengan orang-orang kaya. Tapi untuk saling bertukar ide dan belajar dari banyak orang. Kamu tidak akan pernah tahu siapa yang akan mengajarimu makna-makna tentang hidup dan kesuksesan. 

Jadi, jaringan atau koneksi memang penting dan bisa menentukan 'nasib' di masa depan. Tapi, seperti yang ditulis Hoey pada Inc Asean, koneksi saja tidak cukup menyelamatkanmu dari kerasnya dunia karier. Kamu juga harus punya kemampuan dan juga pengetahuan yang memadai, agar bisa bersaing dengan orang lain. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading