Sukses

Lifestyle

4 Cara Berinvestasi yang Aman Setelah Lulus Kuliah

Fimela.com, Jakarta Setelah lulus kuliah, kamu mungkin memang belum memiliki pendapatan yang tetap. Tapi, bukan berarti hal ini menjadi tembok yang menghalangimu untuk meningkatkan kesehatan keuanganmu. Meskipun kamu masih muda, kamu juga harus memikirkan kemungkinan dan target keuangan yang harus kamu capai di masa depan. Caranya banyak. Salah satunya berinvestasi. 

Masa-masa ketika kamu baru lulus kuliah menjadi momen yang tepat untuk mulai berinvestas. Kenapa? Soalnya, semakin panjang jangka waktu berinvestasimu akan semakin baik bagi pergerakan uang yang kamu 'kembang biakkan.' Semakin panjang jangka waktunya, akan semakin banyak uang yang akan kamu terima nanti pada saat kamu sudah dewasa. Ada empat cara berinvestasi yang mudah dan berisiko rendah buat kamu yang baru lulus kuliah, agar keuanganmu aman di masa depan. 

Buatlah perencanaan keuangan yang realistis. Tanpa perencanaan keuangan, kesehatan finansialmu tak akan bergigi. Karena itu, mulailah hitung berapa uang yang kamu dapatkan perbulan. Berapa uang yang sekarang kamu miliki di tabungan. Hitung berapa jumlah kebutuhan hidupmu setiap bulan. Hitung juga berapa uang yang bisa kamu tabung. Sisihkan uang untuk 'diternakkan.'

Perencanaan keuangan | via: debtfreesisters.com

Bayar dulu utangmu yang memiliki bunga tinggi. Jangan pernah berpikir kamu bakal sukses berinvetasi kalau masih punya utang. Apa lagi, bunganya sangat tinggi. Jadi, sebelum berinvestasi, bayar dulu semua utangmu sampai lunas, beserta bunganya. Ketika kamu masih memiliki utang, artinya keuanganmu tidak sehat. Jadi, pastikan keuanganmu benar-benar sehat dan siap untuk berinvestasi. 

Bayar utang | via: gobankingrates.com

Rencana pensiun. Jangan dipikir kamu yang masih muda tak perlu memikirkan masa tua. Masa tua tidak akan lama, seiring dengan waktu yang berjalan dengan sangat cepat. Karena itu, kamu harus melakukan perencanaan untuk masa pensiun. Meskipun kamu tidak berencana untuk berhenti berkarya dan bekerja. 

Rencanakan keuangan untuk pensiun | via: blossomwm.com

Berinvestasilah pada dirimu sendiri. Jangan hanya 'berternak' uang. Kamu tidak akan bisa kaya tanpa pengetahuan yang cukup, kemampuan yang menjanjikan, dan pengalaman yang banyak. Karena itu, jangan sia-siakan masa mudamu. Perkaya dirimu sendiri dengan cara membaca banyak buku, mengamati apa yang terjadi dengan pasar dan juga dunia politik dunia. Jangan sampai kamu tidak tahu apa-apa tentang kehidupan di sekelilingmu. 

Berinvestasi pada dirimu sendiri | via: theworkingmother.ie

Itu dia empat cara agar keuanganmu sehat dan aman di masa depan. Investasi memang identik dengan 'peternakan' uang. Tapi, bukan berarti melulu tentang finansial. Kamu juga harus berinvestasi pada dirimu sendiri, demi mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang cukup untuk terjun di dunia bisnis atau karier. Dengan begitu, kariermu akan menjadi sukses dan finansialmu bakal jadi sehat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading