Sukses

Lifestyle

Bersyariat Islam Tapi Uni Emirat Arab Terbanyak Konsumsi Alkohol

Fimela.com, Jakarta Penenggak alkohol di Uni Emirat Arab ternyata paling tinggi di dunia. Mereka menghabiskan 2 kali lipat rata-rata peminum di seluruh dunia. Demikian laporan Lembaga Kesehatan Dunia pada 2014 lalu seperti dikutip dari situs arabianbusiness.com (17/5/2014). Warga Uni Emirat bisa menghabiskan 32,8 liter alkohol per tahun dan rata-rata global hanya 17 liter per tahun. Sungguh mengerikan. 

Penelitian 2014 tersebut ternyata terulang kembali pada 2015. Dikutip dari The Independent (8/3/2015), posisi Uni Emirat sebagai pengkonsumsi alkohol paling banyak tetap tak tergeser. Bahkan mengalahkan tradisi minum bir orang Jerman yang rata-rata hanya menenggak minuman keras 14,7 liter pertahun. Atau tradisi mabuk-mabukan bangsa Inggris yang cuma tercatat meminum alkohol 13,8 liter.

Ilustrasi alkohol di Uni Emirat Arab | Via: istimewa

Bisa jadi ketinggian angka ini karena penghitungan tak hanya melibatkan penduduk lokal melainkan juga ekspatriat. Uni Emirat Arab satu-satunya negara yang punya penduduk ekspatriat yakni 85 persen! Mereka memiliki 2 hukum yakni syariat Islam dan sekuler. Uni Emirat tidak memberlakukan syariat Islam pada warganya yang non-muslim. WHO mewanti-wanti agar negara tersebut membuat undang-undang untuk menahan laju pengguna alkohol di Uni Emirat. Mereka juga memaparkan, alkohol menjadi penyebab kematian 3,3 juta orang pada 2012 lalu. Belum lagi risiko lain dari pecandu minuman keras termasuk pembengkakan hati dan kanker.

 Ilustrasi alkohol di Uni Emirat Arab | Via: istimewa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading