Sukses

Lifestyle

Berprestasi? Warga Bandung Kini Bisa Kuliah Gratis!

Fimela.com, Jakarta Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan pokok bagi masyarakat modern. Karena hanya dengan pendidikan maka masa depan yang cerah dapat terjamin. Hal ini pun disadari betul oleh Ridwan Kamil, walikota Bandung, yang mengaku sangat prihatin dengan presentase masa sekolah warganya yang terbilang masih sangat rendah. Meski standar mengenyam pendidikan hingga 12 tahun, namun banyak warga Bandung yang tidak menyelesaikan SMA.

Berangkat dari fakta ini, Ridwan Kamil pun mengadakan sebuah program beasiswa yang ditujukan khusus bagi warga Bandung. Mahasiswa yang mendapatkan bantuan ini pun tidak dibatasi. Mereka bisa memilih studi di universitas negeri maupun swasta. Oleh sebab itu, banyak sekali mahasiswa yang ingin mendapatkan uluran tangan tersebut.

Data hingga Desember 2015 kemarin, sudah ada 981 mahasiswa yang terdaftar dan akan mendapatkan jatah bantuan uang senilai Rp 4 juta per tahunnya. Walaupun jumlah penerima hampir mencapai angka 1000 orang, akan tetapi Ridwan Kamil mengaku pihaknya akan terus berusaha untuk menambah dana beasiswa. Jadi, bantuan saat ini hanya ditujukan kepada mereka yang berprestasi dan kurang mampu dari segi finansial lantaran jumlah dana yang masih terbatas.

Berprestasi? Warga Bandung Kini Bisa Kuliah Gratis! | via: farmasi07itb.wordpress.com

Selain itu, beasiswa ini merupakan hasil output revitalisasi program sekolah gratis yang telah berjalan mulai tingkat sekolah dasar hingga menengah atas. Dengan adanya bantuan ini, pemerintah kota Bandung berharap akan terjadi peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Masyarakat) di tahun 2016. Nah, buat kamu warga Bandung yang merasa berhak untuk mendapatkan beasiswa ini, berikut persyaratannya.

Berprestasi? Warga Bandung Kini Bisa Kuliah Gratis! | via: kuliahkaryawan.com

1. Warga Kota Bandung yang dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga.

2. Berasal dari latar belakang keluarga yang relatif kurang mampu atau tidak memiliki kemampuan maksimal untuk membiayai studi di perguruan tinggi yang dibuktikan dengan rekomendasi atau surat keterangan yang dikeluarkan oleh kelurahan/kecamatan tempat calon pendaftar beasiswa berdomisili.

3. Mahasiswa yang sedang menempuh studi di perguruan tinggi dengan jenjang D1, D2, D3, dan S1 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa dan/ surat keterangan sebagai mahasiswa di perguruan tinggi.

4. Menyampaikan surat permohonan BAWAKU Mahasiswa yang ditujukan kepada Wali Kota Bandung melalui pimpinan pusat keluarga mahasiswa Bandung sebagai pelaksana program BAWAKU Mahasiswa.

5. Tidak sedang menerima beasiswa atau pembebasan biaya pendidikan.

6. Menyampaikan biodata dan mengisi daftar isian pribadi.

7. Menyampaikan surat izin orangtua/wali calon pendaftar.

8. Mengisi form keterangan kegiatan ekstrakurikuler, organisasi kemahasiswaan, dan/ organisasi kemasyarakatan.

9. Menyampaikan pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 4 buah.

10. Sanggup mengikuti seluruh rangkaian program BAWAKU Mahasiswa yang terdiri dari acara launching dan pelatihan peningkatan kapasitas diri.

;
Loading