Sukses

Lifestyle

Agar Tak Sakit Perut, Hindari 5 Makanan Ini Saat Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Selama menstruasi, perempuan akan mengalami perubahan suasana hati. Selain itu, tingkat stres juga akan mengalami kenaikan karena perubahan mood tersebut. Lebih dari itu, keadaan fisik pun juga mengalami perubahan. Sejumlah gejala dismenore seperti kram, mual, nyeri dan sakit kepala juga kerap dirasakan selama menstruasi.

Meski demikian, bukan berarti gejala-gejala dismenore nggak bisa dihilangkan. Bisa banget, kok. Salah satunya adalah dengan memilih makanan yang tepat. Pemilihan makanan sangat bermanfaat dalam mengurangi gejala-gejala tersebut dan meminimalkan efeknya. Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari saat menstruasi agar hari-harimu tetap menyenangkan yang dikutip dari Boldsky.com.

Makanan dengan kandungan gula tinggi. Makanan tinggi gula seperti permen, soda atau kembang gula harus kamu kurangi selama menstruasi. Sebab, makan makanan tinggi gula akan menyebabkan lonjakan gula darah. Ketika tingkat gula darah bertabrakan setelah lonjakan, hal itu dapat membuat kamu merasa kesal, rewel dan lesu sepanjang hari.

 

This cake deserves its own party 🍰🍬 love this beautiful Sugarfina candy cake by @lovelyindeed

Foto kiriman Sugarfina (@sugarfina) pada

Kafein. Mengapa perlu dihindari? Sebab kafein akan menyempitkan pembuluh darahmu yang juga akan menyebabkan tubuhmu mengalami dehidrasi. Hal ini akan mengakibatkan ketidaknyamanan menstruasi. Dehidrasi dan penyempitan pembuluh darah akan menyebabkan sakit kepala dan meningkatkan kegelisahan.

 

Foto kiriman @manmakecoffee pada

Makanan yang dipanggang. Menghindari makanan yang dipanggang adalah cara terbaik untuk mengurangi kram menstruasi dan nyeri. Hal ini karena makanan yang dipanggang mengandung sejumlah lemak trans yang akan mendorong tingkat estrogen dan akan menyebabkan rasa sakit yang dramatis di dalam rahim. 

 

Foto kiriman Katie Lauren (@katielauren.bakes) pada

Gorengan. Makanan yang digoreng mengandung kadar tinggi lemak dan minyak, yang meningkatkan kadar estrogen. Makanan yang digoreng seperti kentang goreng, ayam goreng dan bawang cincin harus dihindari untuk menjaga tingkat estrogen yang stabil. Hal ini membuat rahim stabil dan mengurangi kram serta nyeri.

 

Foto kiriman Brian Gouchie (@extravirginmary87) pada

Makanan olahan. Makanan kaleng atau makanan olahan harus dihindari selama menstruasi. Hal ini dikarenakan makanan kaleng atau makanan olahan selalu mengandung sodium dan natrium yang menyebabkan retensi air dan membuat tubuh membengkak. Jadi disarankan untuk menghindari makanan olahan seperti daging , keju, kecap dan MSG. 

 

Foto kiriman Søren Bregenholt (@bregenholt99) pada

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading