Sukses

Lifestyle

Pas Buat Anak Kos, 3 Resep Kudapan Enak Cuma Pakai Rice Cooker

Fimela.com, Jakarta Melihat media sosial kamu bawaannya ingin ngeces. Banyak banget teman yang membagikan tautan masak-masak bak kudapan enak di restoran ternama. Sialnya, banyak resep tersebut menggunakan microwave. Sebagai anak kos, kamu gak mungkin menyelundupkan microwave. Bisa-bisa listrik sebulan jebol dan kamu diomelin ibu kos. Kenapa gak pakai rice cooker yang kamu miliki? Belum tahu, ya, selain buat masak nasi benda ini ternyata bisa juga dimanfaatin bikin camilan yang gak kalah enaknya dengan tayangan masak di medsos. 

Ada 3 pilihan camilan yang bisa kamu praktikkan bareng geng kosan kamu. Berikut Bintang.com sertakan resep dan foto-fotonya. Setelah mempraktikkan jangan lupa cuci semua peralatan masak kamu, ya. Siap? Yuk, lihat.

1. Mac n Cheese. Kamu pasti tahu makanan yang disukai lidah orang bule ini. Siapa yang bisa menolak gurihnya keju? Bikin kudapan Barat ternyata bisa pakai rice cooker. Begini caranya.

Mac n Cheese | Via: istimewa

Bahan:

2 cangkir macaroni
1 1/2 cangkir kaldu ayam
1 sendok teh garam
1 cangkir susu sapi
1 1/2 cangkir keju parut (bisa kraft atau cheesy atau lainnya)

Cara membuatnya:

Masukkan makaroni, kaldu ayam dan garam ke dalam rice cooker dan masak selama 15 menit. Buka tutup ricecooker, tambahkan susu dan keju, aduk sampai menyatu, tutup kembali dan masak lagi selama 20 menit (25 menit kalau ingin ada kerak di bagian bawahnya). Rice cookers bisa memasak dengan berbagai suhu, selalu cek kondisi masakan menjelang menit 30 selama beberapa kali. Sajikan.

2. Bolu Pisang Keju. Uwow, makanan yang satu ini pasti bakal bikin satu kosan meradang. Rasanya enak membahana. Bikin pakai rice cooker, yakin bisa! Begini caranya.

Bolu pisang keju | Via: istimewa

Bahan :

1 1/2 cangkir tepung terigu
3/4 cangkir gula putih
2 sdt. baking powder
1/2 sdt. baking soda *
1/2 sdt. garam
1 cangkir pisang masak yang ditumbuk (2 sampai 3 media untuk pisang besar)
1/3 cangkir butter
1/4 cangkir susu
1 telur, sedikit minyak goreng, dan parutan keju

Cara membuat :

1. Dalam mangkuk besar, campurkan tepung, gula, baking powder, baking soda dan garam. Kocok sampai semua bahan tercampur rata. 

2. Selanjutnya, tambahkan pisang, mentega, susu, dan telur. Ini harus dicampur sampai adonan seragam dan tebal. Perhatikan bahwa pisang dan mentega dapat menyulitkan ketika diaduk dengan tangan. Untuk mempermudah, pastikan mentega melunak cukup lama terlebih dahulu. Juga, kalau Kamu meletakkan pisang ke dalam kantong plastik, pastikan pisang sudah ditumbuk dengan halus.

3. Pada titik ini, Anda dapat aduk semua bahan lain selain keju parut, seperti kacang cincang atau sedikit buah kering. Jangan ragu untuk mencoba variasi lain pada resep. Sebelum menuangkan adonan ke dalam rice cooker, ingatlah langkah yang paling penting! Melapisi bagian dalam pot ringan dengan minyak goreng. Jika tidak, roti pisang akan lengket dalam panci.

4. Sekarang tuangkan adonan merata ke dalam panci dan mulai panaskan. Gunakan pengaturan yang sama seperti ketika membuat nasi. Tapi kalau sudah matang, jangan langsung dibuka, ya. Biarkan kira-kira 30 menit agar bolu matang benar.

3. Puding Pisang Saus Karamel. Yum, namanya bikin banjir air liur, ya. Membuatnya juga gampang banget. Jangan lupa pakai rice cooker bersih agar hasilnya lebih maksimal. Siap? Begini caranya.

Puding pisang saus karamel  | Via: istimewa

Bahan:

1. Banana Pudding

30g mentega, meleleh, ditambah 60g tambahan
2 sendok makan gula merah, ditambah ⅓ cangkir tambahan
1 buah pisang kecil diiris, ditambah 2 ekstra yang ditumbuk
1 telur
½ sendok teh bubuk kayu manis
2 sendok makan susu
1 cangkir tepung pengembang

2. Saus karamel

cream 300ml
½ cangkir tegas dikemas gula merah
80g mentega

Cara membuat:

1. Tutupi dasar mangkuk rice cooker dengan kertas roti. Tuang 30 gram mentega cair di atas kertas di dasar mangkuk dan taburi 2 sendok makan gula merah merata di atasnya. Taruh Lapisan irisan pisang di atas gula dan sisihkan.

2. Campurkan mentega cair tambahan, gula tambahan , telur, kayu manis, tambahan pisang tumbuk dan susu dalam mangkuk sedang. Ayak tepung dan tuangkan ke dalam campuran pisang dengan lembut. Tumpahkan campuran ke atas pisang yang sudah disiapkan di dalam mangkuk rice cooker tadi.

3. Tekan penanak nasi ‘cook’ dan masak selama 5 menit. Beralih ke mode ‘warm’ selama 10 menit. Pindah penanak nasi kembali ke ‘cook’ dan masak selama 3 menit. Beralih kembali ke ‘warm’ dan selama 10 menit. Jangan buka tutup selama proses ini. Ulangi proses dua kali lebih. Tuang puding ke piring saji. Buang kertas rotinya.

4. Untuk membuat saus karamel, Lap mangkuk penanak nasi sampai bersih. Tambahkan krim, gula dan mentega ke dalam mangkuk, aduk rata. Tekan ‘cook’ dan didihkan. Masak dan aduk selama 5 menit atau sampai gula larut dan campuran mengental sedikit. Lalu tuang ke wadah saus. Untuk penyajian, tuang puding dengan saus karamel es krim atau whipped cream.

Ilustrasi anak kos makan | Via: kaskus.co,id

Slurp, gimana? Mantap, kan? Jadi anak kos gak melulu identik dengan makanan sederhana, ya ala warteg, ya. Dengan sendikit sentuhan ajaib rice cooker, resep-resep kece di medsos bisa kamu praktikkan. Jangan lupa dicoba, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading