Sukses

Lifestyle

Tak Bisa Menutup Mulut, Anjing Ini Dipasangi Kawat Gigi

Fimela.com, Jakarta Jika selama ini kamu menganggap jika kawat gigi hanya diperuntukan untuk manusia yang ingin meratakan susunan gigi, nampaknya kamu harus segera mengubah anggapan itu menjadi lebih terbuka. Sebab, seekor anjing pun bisa merasakan tarikan kawat untuk meratakan giginya, lho! Seperti yang terjadi pada Golden Retriever berikut ini.

Permasalahan struktur gigi dan mulut rupanya bukan hanya milik manusia, melainkan anjing pun mengalaminya. Wesley, anak Golden Retriever terpaksa harus dipasangi kawat gigi karena beranjak dewasa, susunan giginya menjadi maju sehingga ia sulit untuk menutup mulutnya. "Setelah dewasa, giginya mulai keluar, kami melihat pertumbuhan giginya salah dan ia tidak dapat menutup mulutnya secara penuh," kata Molly kepada BuzzFeed News pada Senin (1/3).

Nggak bisa menutup mulut dengan sempurna, Wesley dipasangi kawat gigi. (Via: facebook.com/Harborfront-Hospital-for-Animals)

Karena permasalahan giginya, anjing yang kini tinggal di Spring Lake, Michigan ini jadi nggak nafsu bermain-main dan kehilangan berat badannya. Oleh Molly Moore yang tak lain adalah majikannya, anjing berusia 6 bulan ini dibawa ke dokter. Beruntungnya, Jim Moore, ayah Molly, adalah spesialis gigi hewan dan memiliki solusi sempurna, yakni kawat gigi anjing.

Jim Moore, ayah majikan Wesley yang menangani permasalahan pada giginya. (Via: facebook.com/Harborfront-Hospital-for-Animals)

Diakui Jim Moore, kawat gigi untuk anjing adalah teknik yang nggak biasa, tapi keberadaannya benar-benar membantu hewan dalam mengatasi permasalahan gigi. "Kami tidak memberi kawat gigi atau peralatan oral di mulut Wesley untuk estetika. Kami melakukan ini untuk mengatasi permasalahan gigi," ungkap Jim Moore.

Kawat gigi pada anjing hanya dipasang beberapa minggu saja. (Via: facebook.com/Harborfront-Hospital-for-Animals)

Tak seperti manusia yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk meratakan gigi, kawat gigi anjing hanya dipasang untuk beberapa minggu saja. Menurut American Veterinary Dental College, kondisi yang terjadi pada Wesley dikenal sebagai maloklusi, di mana gigi nggak rata dan merasa nggak nyaman saat mulut tertutup. Wah! Kalau dilihat menggemaskan sekali, ya kalau anjing pakai behel? :D

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading