Sukses

Lifestyle

4 Fakta Mengejutkan Hari Raya Nyepi 2016 yang Bikin Nganga

Fimela.com, Jakarta Selamat Hari Raya Nyepi 2016! TernyataNyepi memiliki sejumlah fakta yang bakalan bikin kamu nganga. Dikutip dari balipedia.id (8/3/2016) Nyepi berasal dari kata sepi yang artinya sunyi, senyap, dan tidak ada kegiatan. Tujuan utama dari perayaan Nyepi itu sendiri adalah untuk memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sanghyang Widhi Wasa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrococmos (alam semesta). 

Sejarah Hari Raya Nyepi berawal dari kemenangan suku Saka yang dipimpin oleh Raja Kaniskha I yang dinobatkan menjadi Raja dan turunan Saka tanggal 1 (satu hari sesudah tilem) bulan 1 (caitramasa) tahun 01 Saka, pada bulan Maret tahun 78 masehi. Sejak tahun itulah masyarakat Hindu mulai memperingati Tahun Baru Saka yang bermakna sebagai hari kebangkitan, hari toleransi, hari pembaharuan, hari kebersamaan (persatuan dan kesatuan), hari kedamaian sekaligus hari kerukunan nasional. Keren, ya. Tapi makin keren banget kalau kamu baca fakta ini. Simak, yuk.

1. Hari Raya Nyepi 2016 bertepatan dengan Gerhana Matahari Total. Ini sekaligus mencatat sejarah baru Nyepi.

Ilustrasi Gerhana Matahari Total (iStockphoto)

2. Ternyata Nyepi mengilhami dunia untuk membuat 'World Silent Day' tiap tanggal 21 Maret. Jadi, tiap tanggal 21 Maret warga dunia tak melakukan aktifitas keluar rumah serta mematikan lampu mereka selama 24 jam. Canggih abis!

Pawai ogoh-ogoh telah menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bali saat perayaan Nyepi.

3. Selama Nyepi warga Bali telah berkontribusi mengurangi polusi udara di dunia.

Ilustrasi polusi udara | Via: REUTERS/Jason Lee

4. Nyepi di Bali juga menghemat listrik negara sebanyak 60 persen! Luar biasa!

Ilustrasi hemat listrik | Via: istimewa

Itu tadi 4 fakta Hari Raya Nyepi yang mengejutkan. Meski kamu berbeda keyakinan, tapi semangat Nyepi bisa kamu adopsi ya, seperti mengurangi polusi dan berhemat listrik. Akhir kata, Bintang.com mau mengucapkan selamat Nyepi 2016 bagi yang merayakan. Semoga kedamaian dan kerukunan nasional semakin kuat di bumi Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading