Sukses

Lifestyle

4 Strategi Selesaikan Konflik dengan Pasangan

Fimela.com, Jakarta Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) konflik adalah percekcokan, perselisihan dan pertentangan. Nah, pastinya semua itu pernah kamu alami dengan pasangan, kan? Ya, konflik bisa di bilang bagian dari sebuah hubungan yang kamu jalin dengan pasangan. Cara menyelesaikan konflik sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu menjalin komunikasi yang baik.

Tapi memang bukanlah hal yang gampang untuk menyelesaikan konflik. Ya, pada kenyataannya banyak pasangan yang tidak bisa mempertahankan hubungannya lantaran mereka tidak dapat menyelesaikan konflik yang sedang dihadapi. Kalau kamu ingin hubunganmu dengan si dia terus berjalan lancar, maka 4 hal ini harus segera kamu lakukan.

4 Strategi Selesaikan Konflik dengan Pasangan (Foto: blogs.psychcentral.com)

Pertama, sadarilah bahwa kamu bukan korban, jadi kamu punya pilihan untuk bereaksi terhadap masalah yang sedang dihadapi. Jangan hanya diam, tapi jangan juga terbawa emosi, cobalah untuk tetap berpikir jernih supaya hubunganmu dengan si dia tidak berantakan atau bahkan berakhir di tengah jalan.

4 Strategi Selesaikan Konflik dengan Pasangan (Foto: fruitfulvineministry.com)

Kedua, Jujurlah pada diri sendiri. Ketika kamu tengah berada dalam situasi tersudut, sebaiknya lontarkan kata-kata yang tidak menyakitkan hati si dia. Ingat, komentar yang kamu keluarkan akan menjadi penentu kelanjutan hubunganmu dengannya.

4 Strategi Selesaikan Konflik dengan Pasangan (Foto: empoweringchoicescc.com)

Ketiga, kamu harus mencoba untuk mengubahnya. Jangan terus mengungkap kesalahannya di masa lalu, karena siapapun pasti tidak akan suka jika masa lalunya diungkit-ungkit, termasuk kamu, kan? Satu masalah kecil akan berubah menjadi besar jika kamu terus mengungkit masa lalu. Jangan lupa saat kamu mengutarakan keinginanmu sebaiknya turunkan nada suaramu.

4 Strategi Selesaikan Konflik dengan Pasangan (Foto: goodtherapy.org)

Keempat, hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi konflik dengan pasangan adalah meminta maaf. Jangan ragu untuk meminta maaf ketika kamu sudah melakukan kesalahan, akui bahwa kamu memang telah bersalah. Memang terkadang itu sulit dilakukan, tapi coba saja, karena setelah itu kamu pasti bisa menyaksikan hal indah akan terjadi.

;
Loading