Sukses

Lifestyle

3 Larangan Soal Keuangan yang Harus Kamu Jauhi

Fimela.com, Jakarta Setelah lulus kuliah, kamu lantas mendapatkan pekerjaan impian. Bekerja, berarti kamu mendapatkan gaji. Biasanya, pada awal karier, gajimu tidak setinggi karyawan senior. Tak mengapa, karena kamu masih bisa berhemat untuk menyelamatkan keuangan di masa depan. 

Pada saat mengelola keuangan pribadi, seharusnya kamu sadar akan rambu-rambu dan aturan yang benar. Masalahnya, tidak semua orang bisa melihat rambu-rambu keuangan itu. Kesalahan mereka lakukan dan berdampak pada keuangan di masa sekarang dan pastinya di hari yang akan datang. Agar tak lagi melakukan kesalahan yang sama, simak pembahasan berikut.

Belanja dulu, baru bayar utang. Mungkin kamu memang punya banyak tagihan dan juga keperluan. Kamu boleh saja melunasi utangmu terlebih dahulu. Tapi ingat, jangan gunakan uang untuk berbelanja dan jajan, sebelum kamu tabung sebagian uangmu. 

Program pensiun tidak penting. Banyak orang, khususnya anak muda, yang berpikir kalau tabungan masa tua tidak penting untuk dipikirkan. Mereka berpikir masih ada banyak waktu hingga pensiun. Padahal, justru karena masih banyak waktu kamu bisa menimbun lebih banyak uang untuk hari tua nanti. 

Kartu kredit adalah mesin ATM. Kamu berpikir kartu kredit adalah mesin ATM. Kamu bsia membeli apa pun yang kamu mau. Kamu juga bisa mengambil uang sebanyak yang kamu mau. Tapi sayang, uang yang kamu ambil dari kartu kredit bukan uangmu. Kamu harus membayarkannya kembali bulan depan. Jadi, jangan gunakan kartu kredit kalau tidak bisa bayar. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading