Sukses

Lifestyle

Kenali 6 Gejala Kanker Ganas yang Sering Kamu Abaikan

Bintang.com, Jakarta Kanker menjadi penyakit nomor satu yang menyebabkan kematian warga dunia. Selain jarang bisa terdeteksi, kanker juga belum ada obatnya. Biasanya para penderita mengetahui dirinya kena kanker ketika sudah dalam kondisi stadium lanjut yang sulit ditangani. Ini lantaran gejala kanker hampir sama dengan gejala penyakit biasa sehingga sering kamu cuekin. Seperti apa tanda-tanda jika ternyata kamu kena kanker ganas? Simak uraian berikut ini. 

1. Benjolan di tubuh. Bila kamu gak terbentur namun ada benjolan di bagian tubuh mana pun, segera periksakan diri ke dokter. Cari tahu benjolan apakah itu. Benjolan tiba-tiba tumbuh ini kudu diwaspadai, namun banyak dari kamu menganggapnya penyakit biasa. Bisa jadi si benjolan merupakan sel kanker atau tumor yang mengganas.

2. Batuk atau suara serak. Di musim hujan penyakit ini kerap timbul. Namun di luar musim tersebut batuk tetap ada dan suara menjadi serak. Ini tanda-tanda kamu kena kanker. Batuk berkepanjangan bisa jadi gejala awal kanker tiroid, kanker paru-paru, atau limfoma. Jika kamu batuk lebih dari dua bulan kamu bisa menghubungi doktermu.

3. Sakit tenggorokan. Radang di tenggorokan kamu yang tak kunjung baik bisa jadi gejala kanker. Segera berobat dan periksa ke dokter jika sakit tenggorokan dalam waktu yang lama atau sering.

4. Berat badan turun. Kamu gak diet tapi berat badan turun signifikan. Jangan malah kegirangan. Bisa jadi ini salah satu tanda kanker, lho. Penurunan berat badan ini bersifat drastis dan tidak disebabkan apa pun. Ngeri, ya.

5. Sulit menelan. Saat menelan makanan rasanya leher sakit bukan main. Gejala ini bisa dibilang tanda pertama kanker. Gejala umum penyakit tersebut adalah masalah pada sistem syaraf dan kekebalan tubuh. Salah satu yang bisa menunjukkannya yakni seseorang yang sedang lemah bahkan sulit menelan.

6. Tubuh nyeri. Biasanya jika tubuh nyeri hanya dianggap sebagai sakit biasa. Kamu perlu tahu, di dunia medis rasa nyeri merupakan indikasi awal tubuh jika terkena kanker. Nyeri bisa sampai ke tulang-tulang. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, ya.

Loading