Sukses

Lifestyle

3 Cara Ubah Kritikan Jadi Peluang dalam Berbisnis

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu mendapatkan sebuah ide, kamu pasti tak ingin memendamnya untukmu sendiri. Ide akan selamanya menjadi sesuatu yang abstrak tanpa ada perwujudan. Untuk itu, kamu ingin menyampaikannya kepada orang lain. 

Sayangnya, respon yang akan kamu dapatkan tak selamanya antusias dan positif. Ada banyak orang, bos, klien, bahkan sahabat yang akan mengkritikmu dengan pedas. Sebagian besar orang bakal mundur seribu langkah karena kritikan tersebut. Tapi, kamu harus menjadikannya sebagai peluang untuk maju sejuta langkah. 

Jangan masukkan ke dalam hati. Betapa pun kamu sukses dan sudah memiliki banyak keuntungan, kamu bukan 'pekerjaanmu.' Jadi, jangan masukkan ke dalam hati apa saja yang mereka kritik. Dari pada begitu, lebih baik kamu masukkan ke dalam otak dan segera temukan solusi. 

Setiap orang pasti mengkritik. Jangan pernah berpikir kalau kamu akan mendapatkan pujian. Kamu boleh saja mengangap idemu memiliki peluang yang besar. Tapi, cobalah untuk memancing mereka memberikan sedikit kritik yang membangun. Sehingga, idemu nantinya kan menjadi lebih sempurna. 

Kebenaran biasanya pahit. Jangan pernah takut dengan kebenaran. Memang, kadang kebenaran sangat pahit. Tapi, kamu harus belajar menerimanya dengan lapang dada. Yang penting, kamu harus mencari jalan keluar yang tepat sehingga bisnis akan berjalan dengan lancar. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading