Sukses

Lifestyle

Ingin Sukses? 3 Kemampuan Berkomunikasi Ini Harus Kamu Miliki

Fimela.com, Jakarta Pebisnis memang sudah seharusnya menguasai masalah perdagangan dan produksi. Tapi, jago berdagang dan menciptakan sesuatu saja belum cukup. Ketika kamu mendapatkan ide untuk menciptakan sesuatu, tentunya kamu harus menyampaikan ide ini kepada rekan atau bahkan investor. 

Artinya, tanpa kemampuan berkomunikasi yang baik kamu tak mungkin bisa membangun bisnis dan kemitraan. Kalau kamu ingin sukses menjadi pengusaha, ini tiga kemampuan berkomunikas yang harus kamu miliki. 

Jalin komunikasi secara personal. Tidak semua orang bisa menjalin hubungan dengan orang lain. Mereka mungkin saja bisa berbicara di depan umum. Tapi, tidak menjalin komunikasi secara personal. Padahal, berkomunikasi dan menjalin hubungan secara personal sangat penting kaitannya buat kelancaran bisnismu. 

Tahu caranya mendengarkan. Berkomunikasi tak selamanya kamu harus berbicara. Mendengarkan dengan seksama juga bagian dari komunikasi. Artinya, kamu juga harus mendengarkan pendapat orang lain. Perkara tidak setuju, kamu bisa menjelaskannya setelah dia selesai berbicara. 

Membangun hubungan secara emosional. Berbicara kepada orang lain bukan hanya menyampaikan pesan dan menerima feed baack. Tapi juga mengikutsertakan intonasi, nada, raut wajah, dan emosi. Menjalin hubungan yang baik dan kuat tak mungkin hanya bermodalkan kerja sama dan saling tukar pikiran. Tapi ada empati dan simpati. 

;
Loading