Sukses

Lifestyle

Jangan Bikin Malu, Kamu Harus Tahu Perbedaan Visa dan MasterCard

Fimela.com, Jakarta Buat kamu yang sudah memiliki kartu kredit, coba lihat pada permukaan tampak depan. Di situ pasti tertulis Visa atau MasterCard. Nah, bukan hanya anak-anak muda, tapi juga orang dewasa kadang tahu apa perbedaan kedua hal tersebut. Tapi, banyak orang yang ogah bertanya lantaran takut dibilang norak atau tak mengikuti perkembangan zaman. 

Padahal, mengetahui perbedaannya sangat penting buat kelangsungan keuanganmu sendiri. Meski sekilas terlihat sama dan keduanya juga bisa digunakan di luar negeri, ada beberapa perbedaan yang harus kamu ketahui. 

Beda perusahaan. Ya, meskipun terlihat sama saja, keduanya ternyata dikeluarkan oleh dua perusahaan berbeda. Visa pertama kali dikeluarkan oleh Visa International pada tahun 1970. Visa ternyata juga singkatan dari Visa International Service Association. Kantor pusatnya ada di California, Amerika Serikat. Sementara, MasterCard dikeluarkan perusahaan MasterCard International. Kantor pusatnya ada di New York, Amerika Serikat. 

Sistem keamanan. Karena keduanya bisa digunakan untuk transaksi online dan juga di luar negeri, mereka wajib melindungi kamu dan para kliennya, dengan memberikan jaminan rasa aman. Visa memberikan Verified by Visa, saat kamu melakukan transaksi online. Jadi, kamu harus memasukkan passwordk statis atau One Time Password (OTP) agar transaksimu aman. 

Sementara, MasterCard juga punya sistem yang membuat kamu aman. Tapi, namanya Secure Code. Biasanya, MasterCard menyertakan password tambahan saat melakukan transaksi online.

Biaya transaksi. Beda perusahaan, beda pasar, beda juga biaya yang mereka bebankan saat kamu melakukan transaksi. Biasanya, Visa membebankan biaya 1% saat kamu melakukan transaksi di luar negeri. Sementara biaya transaksi MasterCard beragam. Mulai dari 0,2% hingga 1%. Jadi, kamu mau pilih yang mana? 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading