Sukses

Lifestyle

Berikut 9 Fakta Tentang Orangutan, Sudah Tahu Belum?

Fimela.com, Jakarta Orangutan adalah sejenis kera besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerahan atau cokelat. Orangutan mencakup dua sub spesies, yaitu orangutan Sumatera dan orangutan Kalimantan. Tahukah kamu? Menurut beberapa sumber, orangutan Sumatera merupakan spesies yang terlangka saat ini. Selain fakta tersebut, masih ada beberapa fakta lainnya tentang orangutan, berikut 9 di antaranya.

1. Orangutan Termasuk Hewan Pintar. Dikenal sebagai salah satu primata yang hebat dalam hal observasi lingkungan dan imitasi tindakan. Orangutan menunjukan kecerdasannya di alam liar dengan cara memanfaatkan benda di sekitar untuk mencari makan ataupun berlindung dari ganasnya kondisi alam. Orangutan dapat menggunakan tongkat sebagai alat bantu untuk mengambil makanan, dan menggunakan daun sebagai pelindung sinar matahari.

 

Foto kiriman National Geographic (@natgeo) pada

2. Orangutan Nyaris Mirip Manusia. Hewan mamalia ini memang memiliki kekerabatan dekat dengan manusia, yaitu pada tingkat kingdom animalia. Tingkat kesamaan DNA orangutan dengan manusia adalah sebesar 96,4 persen.

 

Foto kiriman OFI Australia (@ofi_australia) pada

3. Cepat Beradaptasi. Dapat hidup di berbagai tipe hutan karena mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

 

Foto kiriman Jeff Mauritzen (@jeffmauritzen) pada

4. Orangutan Mudah Tidur. Orangutan memiliki kecenderungan banyak tidur. Mereka tidak hanya tidur panjang di waktu malam mulai dari matahari tenggelam hingga terbit keesokan harinya, namun juga bahkan mengatur waktu untuk tidur siang mereka di sela waktu aktivitas siang mereka.

 

Foto kiriman sokudo (@sokud0) pada

5. Orangutan Dapat memanggil Dari Jarak 1 Km. Orangutan jantan dapat membuat panggilan jarak jauh yang dapat didengar dalam radius 1 km. Digunakan untuk menandai atau mengawasi arealnya, memanggil sang betina, mencegah orang utan jantan lainnya yang mengganggu. Mereka mempunyai kantung tenggorokan yang besar yang membuat mereka mampu melakukannya.

 

Foto kiriman Neil Macdonald (@neilmac87) pada

6. Orangutan suka sekali menjalajah. Orangutan liar jarang sekali bermain di atas tanah, hal yang sama juga terjadi dengan orangutan yang sudah tinggal di kebun binatang. Menurut data penelitian berjudul Identifikasi Daerah Jelajah Orangutan Sumatera Menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Geografis yang dilakukan oleh Pindi Patana, Bejo Slamet dan Desli Triman Zendrato tahun 2010 silam, orangutan dewasa betina memiliki daerah jelajah sejauh 916 meter per hari di dalam area seluas 12,5 hektar. Sedangkan orangutan jantan dewasa menjelajah sejauh 651 meter per hari di area seluas 46 hektar. Dua hal yang mempengaruhi variasi jarak jelajah dan daerah jelajah mereka adalah ketersediaan makanan dan interaksi sosial.

 

Foto kiriman Doodle Trip (@doodle_trip) pada

7. Orangutan Bukan Monyet. Orangutan bukan masuk dalam kategori monyet, salah satu cirinya adalah karena mereka tidak memiliki ekor yang panjang. Orangutan masuk dalam keluarga kera, secara spesifik kera besar seperti gorilla, simpanse dan lutung. Dalam bahasa Inggris, keluarga primata yang masuk ke jenis monyet disebut dengan monkey, dan keluarga primata yang masuk ke jenis kera, disebut dengan ape.

 

Foto kiriman Jade Galley (@jadegall) pada

8. Orangutan Memiliki Kekuatan Enam kali Manusia Dewasa. Menurut informasi dari Orangutan Information Center, orangutan memiliki kekuatan enam kali lipat manusia dewasa. Meski kuat sifatnya menghindari perkelahian jika tidak terpaksa.

 

Foto kiriman Alex Wilson (@alex572163) pada

9. Orangutan Suka Buah. Orangutan termasuk hewan omnivora. Makanan utamanya 90 persen adalah buah. Selebihnya mereka suka dedaunan yang masih muda, bunga dan kulit pohon. Orangutan juga suka serangga kecil seperti semut, jangkrik dan rayap.

 

Foto kiriman Barbara Steinort (@desertgirl1990) pada

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading