Sukses

Lifestyle

Soal Bakti Karya Praja IPDN, Ini Kata Bupati Purwakarta

Fimela.com, Jakarta Bulan depan, praja-praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) akan mengadakan Bakti Karya Praja di Purwakarta. Dilansir dari salah satu media nasional, ada 1.309 praja yang akan mengikuti kegiatan tahunan yang berupa penelitian lapangan dan pengabdian masyarakat ini. 

Media tersebut juga menulis, Bakti Karya Praja ini  akan dilakukan di 192 desa dan kelurahan di Kabupaten Purwakarta mulai tanggal 1 Mei nanti hingga 31 Juli 2016. Dilansir dari media nasional yang berbeda, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat menerima para praja mengatakan, IPDN sebagai sekolah birokrasi harus melahirkan praja-praja yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena itu, birokrat harus memiliki karakter pelayan yang mau melayani masyrakat. 

"Karakter pelayan ini masih kurang. Kebanyakan maunya masih dilayani. Nah sejalan dengan visi Bapak Presiden Joko Widodo, mentalitas semacam ini harus segera direvolusi. Birokrat sebagai pelayan harus sudah ada ditengah masyarakat," katanya. Dia juga menambahkan, sistem rekrutmen PNS selama ini kebanyakan hanya melahirkan PNS yang mahir dalam bidang administrasi. Padahal menurutnya, PNS yang dibutuhkan masyarakat itu PNS yang memiliki kemampuan konkret. 

Sebanyak 1.459 Praja Muda dilantik di  Graha Wiyata Praja, Kampus IPDN, Jatinangor, Jawa Barat. (Rumgapres/H. Abror Rizki)

"Sedangkan PNS yang mahir dalam bidang-bidang yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat terabaikan. Seperti PNS yang ahli bikin jalan, bikin bangunan, komunikasi yang bagus dalam mengajar hingga PNS yang pintar bikin taman sedikit sekali jumlahnya. Justru PNS ahli administrasi sangat banyak," katanya di depan praja-praja IPDN. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading