Sukses

Lifestyle

Bukan dengan Tangisan, Ini 10 Cara Hadapi Kegagalan

Fimela.com, Jakarta Hidup itu memang ibarat roda berputar. Kadang kamu ada di atas, kadang di bawah. Ini merupakan hal yang wajar dan pasti terjadi di kehidupan siapa pun. Meskipun melakukan kesalahan juga bentuk kewajaran yang lain, ada beberapa hal yang akan dilahirkan kegagalan. 

Selain stres dan membuatmu putus asa, kebanyakan orang juga kerap bersikap masa bodo dengan kesalahannya sendiri. Inilah yang membuat banyak orang jadi pasrah dan tak punya lagi semangat hidup. Untuk itu, penting buatmu memikirkan bagaimana sebaiknya bertatap muka dengan kegagalan. 

1. Tidak selamanya kegagalan menghadirkan luka. Meskipun perih dan sakit, kegagalan ternyata juga membawa sejuta kebaikan. Ketika kamu gagal, ada banyak hal baik yang justru kamu dapat. Ketika kamu gagal, kamu jadi tahu mana yang betul dan yang salah. Kamu bisa membaca tentang hal ini lebih lanjut di sini.

 

A photo posted by @depressed.sad_true on

2. Dengan ini, kamu bisa belajar banyak hal. Ada banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan saat kamu terjatuh ke dalam lubang. Mulai dari metode, target, hingga hal-hal paling kecil akan kamu lebih perhatikan. Ini membuatmu untuk belajar bersabar kepada diri sendiri. 

3. Bukan berarti kamu harus berhenti. Justru, kegagalan adalah pintu kesekian yang harus kamu masuki demi sampai ke gerbang keberhasilan. Jadi, jangan menyerah dulu ketika kamu baru mengalami dan melakukan beberapa kali kesalahan yang berbeda. 

4. Selalu bisa memulai kembali. Kesempatan tak hanya datang sekali. Kalau kamu gagal, masih ada ribuan kesempatan lain. Asalkan, kesalahan yang kamu lakukan bukan pengulangan. Harus ada progress ketika kamu memperbaiki kesalahan

 

A photo posted by Maria J DeAnda (@deandachicago) on

5. Bangun! Ketika kamu jatuh saat belajar berjalan, pernahkah kamu kapok dan tak ingin lagi berdiri? Atau ketika kamu belajar naik sepeda, pernahkah kamu kapok untuk mengendarainya? Jatuh memang sakit. Tapi bukan berarti kamu tak bisa bangkit. 

 

A photo posted by @wordsquotestips on

6. Cari penyebab kesalahanmu. Banyak orang yang memulai kembali tanpa kenal rasa kapok. Tapi sayangnya mereka gagal lagi dan lagi. Hal ini karena mereka hanya mencoba cara yang sama berkali-kali tanpa mempelajari penyebab dari kegagalannya. Karena itu, kamu harus tahu di mana kensalahanmu. 

7. Akui kegagalanmu. Banyak orang yang terpuruk dalam kegagalan dan menyalahkan berbagai pihak. Mulai dari menyalahi Tuhan hingga diri sendiri. Hal ini tak akan membantumu sedikit pun untuk keluar dari keterpurukan. Karena itu, berhentilan mengeluh dan akui kalau kamu salah. Setelah itu, pikirkan apa yang harus kamu lakukan untuk bangkit. 

8. Jangan gunakan rumus yang sama. Banyak orang yang menggunakan rumus atau metode yang sama untuk setiap kasus. Mereka lupa kalau setiap kasus yang berbeda, pasti metodenya juga akan berbeda. Jangan samakan satu dengan lainnya, kalau kamu ingin sukses dan bangkit dari keterpurukan. 

 

A photo posted by Vitor Jarimba (@viktorjarimba) on

9. Hati-hati, kegagalan tak akan pernah berubah kalau kamu selalu jatuh di lubang yang sama. Jadi, nasihat yang terdengarnya sangat basi ini ternyata masih berlaku hingga sekarang. Setelah melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan, hati-hatilah ketika kamu melangkah. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang sama. 

 

A photo posted by Michael Tadlock (@michaeltadlock) on

10. Cari kegiatan yang tidak akan bikin kamu depresi. Otakmu juga perlu istirahat sejenak. Karena, semuanya pasti ada prosesnya. Begitu juga saat kamu sedang memperbaiki kesalahan. Ada proses yang panjang hingga kamu bisa bangkit dan memulai hidup dari awal. 

 

A photo posted by Lion Brand (@lionbrandyarn) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading