Sukses

Lifestyle

Ahok Sejajarkan Ali Mustafa Yaqub dengan Gus Dur

Fimela.com, Jakarta Berpulangnya mantan Iman Besar Masjid Istiqlal, Ali Mustafa Yaqub tentu memberi duka tersendiri bagi beberapa pihak. Perihal kabar duka tersebut, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menuturkan, mendiang merupakan sosok interktual Islam yang patut dicontoh.

"Beliau sangat intelek, beberapa kali ke sini beliau pernah sampaikan tausiah, saya kira beliau sekelas Gus Dur yang moderat, mengerti sekali Islam, menyebarkan Islam yang rahmatanlil alamin," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Kamis (28/4) malam, sebagaimana diwartakan Liputan6.com.

Warga mengikuti salat jenazah Almarhum Ali Mustafa Yaqub (AMY) di Masjid Muniroh Salaman,Tangsel, Banten, Rabu (28/4). AMY lahir di Batang, Jawa Tengah, 2 Maret 1952. Sejak muda, AMY menekuni ilmu Islam hingga ke Arab Saudi. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Lebih lanjut lelaki berkacamata itu menyebut, cara Ali Mustafa menyebarkan Islam yang ramah dapat membuat banyak orang tertarik mendalami Islam. "Saya kira beliau penyiar Islam yang sangat baik dan sejuk, kalau semua penyiar Islam kayak beliau, bisa banyak orang tertarik pada Islam," lanjut Ahok, sebagaimana dilaporkan Liputan6.com.

Ahok bahkan menuturkan soal kekagumannya terhadap Ali Mustafa Yaqub selepas mendengar penjelasan lelaki yang pernah 'menjamu' Obama di Istiqlal tersebut soal Islam yang tak memusuhi orang-orang non-muslim. Berangkat dari pernyataan tersebut, Ahok yakin ia masih diterima di DKI meski berasal dari kelompok minoritas.

Ali Mustafa Yaqub tutup usia pada Kamis (28/4) pukul 06.00 WIB, di Rumah Sakit Hermina, Ciputat, Tangerang, Banten. Berdasarkan laporan Liputan6.comjenazah telah dikebumikan di belakang Masjid Muniroh Salamah di kompleks pesantren pukul 13.00 WIB kemarin, Kamis (28/4).

Persiapan pemakaman mantan Imam Besar Masjid Istiqlal Ali Mustafa Yaqub. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Mantan Imam Besar Masjid Istiqlal Ali Mustafa Yaqub meninggal dunia pagi tadi di RS Hermina, Ciputat, Tangerang Selatan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading