Sukses

Lifestyle

Ikan Buntal, Makanan Lezat yang Juga Bisa Jadi Racun Mematikan!

Fimela.com, Jakarta Ikan buntal atau puffer fish beberapa hari ini menarik perhatian masyarakat Indonesia lantaran tujuh orang telah dilaporkan keracunan gara-gara mengonsumsi ikan buntal. Empat orang diantara para korban yang berasal dari Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur telah meninggal dunia. Dua orang meninggal pada Jumat, 6 Mei 2016, dan dua orang lainnya dinyatakan meninggal pada Sabtu, 7 Mei 2016.

Empat korban meninggal, yakni Choirul Zikin (13 tahun), Dani (11 tahun), Edi (16 tahun), dan Choirul Huda (17 tahun). Sedangkan ketiga korban yang masih mendapatkan perawatan di rumah sakit, yaitu Angga Anggita Pratama (17 tahun), Suprianto (17 tahun), dan Wakhid (47 tahun).

Sejak dulu ikan buntal memang dikenal sebagai salah satu hewan yang paling mematikan di dunia, namun di beberapa negara, seperti Jepang misalnya hewan yang satu ini dapat diolah menjadi makanan lezat. Ya, ikan buntal memang bisa dimakan, tapi tentu saja cara memasaknya tidak boleh sembarangan, kalau tidak racunnya akan termakan sehingga bisa membuat siapapun yang memakannya meninggal dunia.

Selain dinobatkan sebagai salah satu jenis ikan paling beracun di dunia.

Di Jepang sendiri pemerintahnya benar-benar mengawasi para chef yang mengolah ikan buntal. Hanya chef yang memiliki lisensi khusus yang dapat memasak ikan buntal. Selain itu, ada undang-undang baru yang menyebutkan bahwa restoran yang menyajikan menu ikan buntal juga harus mendapatkan sertifikat khusus. "Di luar Tokyo, peraturan untuk mengolah ikan buntal terlihat lebih kendor dan hampir tak ada kecelakaan yang berhubungan dengan racun," ujar Hironobu Kondo, seorang pejabat di Departemen Kontrol Makanan di Jepang.

Selama ini ikan buntal telah menjadi bahan dasar masakan tradisional Jepang. Ada yang menjadikannya sebagai bahan untuk membuat tempura, sashimi, atau irisan ikan mentah yang dipotong sangat tipis. Sebenarnya untuk harga ikannya sendiri tidaklah mahal, yang mahal justru biaya untuk membayar koki yang mengolahnya. Biaya jasa kokinya sendiri bisa mencapai Rp 1 juta lebih. Mau tahu bagaimana para koki di Jepang mengolah ikan buntal? Simak videonya di bawah ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading