Sukses

Lifestyle

Telah Dihapus Sejak 2014, Kini UN SD 2016 Disebut US

Fimela.com, Jakarta Hari ini merupakan hari pertama Ujian Nasional (SD) SD 2016 berlangsung. Namun, tahukah kamu kalau sebenarnya sebutan untuk ujian akhir ini bukan lagi UN bagi murid siswa Sekolah Dasar (SD) sederajat kelas VI. Kenapa?

Ternyata, dilansir dari sebuah media nasional, UN SD telah dihapus sejak tahun 2014. Lantas apa sebutan untuk ujian akhir tingkat SD dan sederajat? Menurut Kepala Dinas Pendidikan kota Pekanbaru, Abdul Jamal, UN SD kini disebut Ujian Sekolah (US). Namun, layaknya UN, US juga dilakukan secara serentak. 

Abdul mengatakan kepada media tersebut, US merupakan ujian yang soalnya dibuat Pemerintah Pusat dan Provinsi. Bedanya dengan Ujian Akhir Sekolah (UAS) SD yang sudah selesai dilaksanakan beberapa pekan lalu. UAS SD DIbuat Dinas Pendidikan. 

“UAS SD seluruh soal disiapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Sedangkan untuk US SD, soal ujian dibuat langsung oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dengan persentasi 25 persen dari pemerintah pusat dan 75 persen dari pemerintah provinsi,” terangnya. 

Bukan hanya anak-anak yang mengikuti ujian, soal UN SD 2016 juga bikin orang tua panik.

US yang menjadi mengganti UN SD 2016 ini berlangsung selama tiga hari, mulai hari ini hingga tanggal 18 Mei. Mata pelajaran yang diujikan antara lain Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading