Sukses

Lifestyle

Simbol Keberanian, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Ikan Koi

Fimela.com, Jakarta Ikan Koi memiliki warna indah dengan corak yang beragam. Selain itu, Koi juga dianggap sebagai hewan yang membawa keberuntungan, dan kedamaian. Tak heran membuat Koi memiliki harga yang lumayan mahal dan banyak dicari orang. 

Ikan Koi adalah ikan karper Cyprinus carpio yang dipelihara untuk menghias rumah. Bibitnya berasal dari daratan Tiongkok. Kemudian menyebar ke Jepang dan kini banyak dibudidayakan di Indonesia. Dari sekian banyak jenis ikan koi, ada tiga yang sangat terkenal yang disebut gosanke, yaitu  Kohaku (mempunyai corak warna merah di atas warna putih), Sanke (bercorak warna merah dan hitam di atas warna putih, tetapi corak hitam tidak terdapat di kepala), dan Showa (ikan koi hitam bercorak warna merah dan putih).

Memiliki warna indah dan unik Ikan Koi sangat digemari (foto : istimewa)

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 Fakta tentang Koi ;

1. Para Samurai di Muromachi di Jepang sangat menghargai ikan ini sebagai simbol keberanian dan usaha keras/pantang menyerah dan secara khusus juga dianggap sebagai simbol dari anak lelaki yang kemudian dikaitkan dengan perayaan hari anak laki-laki (Kodomo no Hi), setiap 5 Mei, yang ditandai dengan diadakannya festival.

2. Ikan Koi adalah ikan yang memiliki usia panjang. Di jepang usianya bisa sampai 200 tahun.

3. Koi mudah dipelihara karena makannya tidak susah dan mudah Menyesuaikan dengan lingkungan

4. Koi lemah lembut dan jinak. Tidak ada pemimpin dalam kelompok koi, dan tidak ada seekor pejantan kasar yang mengganggu koi betina. Sebagai penghuni lama, koi tidak akan me-nyiksa koi pendatang baru. Koi sangat lemah lembut.

5. Koi Merupakan Karya Seni Jepang. Koi mempunyai sejarah panjang sebagai ikan peliharaan. 

Memiliki warna indah dan unik Ikan Koi sangat digemari (foto : istimewa)

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading