Sukses

Lifestyle

Di Negara Ini Puluhan Kamar Mandi Disulap Jadi Ruang Belajar!

Bintang.com, Jakarta Toilet merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah bangunan. Mulai dari rumah biasa hingga gedung bertingkat pasti ada toiletnya. Namun, di salah satu universitas di China meniadakan ruangan toilet dari bagian bangunan. Adalah Taizhou University di provinsi Zhejiang yang telah melakukan itu.

Diwartakan oleh China Daily yang mengutip dari Vcg, Taizhou University telah merenovasi toilet publik yang belum digunakan selama bertahun-tahun menjadi 35 kamar belajar mandiri dan membukanya untuk siswa pada bulan April. Kamar belajar tersebut sebagian besar terbuka untuk mahasiswa senior yang sedang mempersiapkan ujian kualifikasi pascasarjana.

Ruang belajar di Taizhou University tadinya adalah kamar mandi umum yang belum dipakai selama bertahun-tahun. (Via: chinadaily.com.ch)

Sebanyak 93 siswa telah dipesan untuk ruang belajar pribadi dan nggak ada lowongan sampai semester berikutnya. Gokil! Sedangkan untuk biaya renovasi tersebut, dibutuhkan biaya kurang dari 20.000 yuan atau sekitar Rp 41 juta. "Kami hanya mengecat dan memasang beberapa soket di kamar mandi untuk renovasi," ujar Shan Renwei, dosen di Taizhou University.

Pihak universitas hanya merenovasi untuk memberi sekat dan mengecat dinding untuk dijadikan ruang belajar. (Via: chinadaily.com.ch)

Renovasi tersebut rupanya disambut baik oleh para mahasiswa Taizhou University. ereka merasa terbantu dengan adanya ruang belajar tersebut karena bisa lebih berkonsentrasi dan sedikit gangguan. Keren, ya?

Di dalamnya terdapat meja belajar dan kursi. Buka dari  jam 8.00 pagi sampai 10.00 malam. (Via: chinadaily.com.ch)

Penampakan dari atas. (Via: chinadaily.com.ch)

Keren, kan? (Via: chinadaily.com.ch)

Loading