Sukses

Lifestyle

4 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Setelah Jadi Sarjana

Fimela.com, Jakarta Usai bersusah payah berkutat dengan skripsi dan sidangnya, kamu pasti merasa sangat lega usai diwisuda. Maklum, fresh graduate sangat ingin menikmati masa-masa indah selepas dari segala kewajibannya di kampus. Sebagian orang memilih untuk langsung mencari pekerjaan. Bahkan ada juga yang sudah bekerja sejak dinyatakan lulus. 

Sebagian yang lain meluangkan waktunya untuk berlibur bersama keluarga dan teman-teman. Tak ada yang salah. Semuanya tak ada yang salah. Tapi, ada beberapa hal penting yang harus kamu lakukan setelah lulus. Gary Vaynerchuk, pengusaha dan motivator internasional mengatakan, ketika kamu lulus kuliah, berarti kamu memasuki 5 tahun terpenting dalam hidup. 

1. Tidak masalah kalau kamu belum tahu apa yang harus kamu lakukan. Atau mau jadi apa kamu sebenarnya. Gary mengatakan dalam blog pribadinya, ada dua hal yang harus kamu pahami. Pertama, setelah lulus, kamu memasuki 5 tahun yang sangat penting dan berharga. 

2. Kedua, usai lulus kuliah, masa ini sangat berbeda dengan masa-masa sebelumnya. Kamu harus tahu, kalau saat ini adalah tentang kamu. Benar-benar tentang kamu. Bukan lagi saatnya mendengarkan apa yang diinginkan keluarga atau orangtuamu. Jangan pernah berpikir untuk mengambil jalan aman. 

 

A photo posted by Kyle Rankin (@kranks19) on

3. Ini saatnya untuk sadar. Kalau kamu punya lima (untuk sebagian orang 3, sebagian lagi 8 tahun) untuk menentukan masa depan. Di saat inilah, kamu harus berusaha untuk membangun mimpi dan mewujudkannya. 

4. Gary mengatakan, dunia selepas perkuliahan sangat 'kejam.' Tidak mudah untuk hidup mandiri dan menjadi diri sendiri. Apa lagi sukses dengan kekuatanmu sendiri. Duniamu kini tak sama dengan apa yang kamu bayangkan, harapkan, inginkan, dan pikirkan. Semuanya akan cepat berubah. Kamu harus terus belajar tak membuat 5 tahun yang berharga jadi sia-sia. 

 

A photo posted by Pintakasari widya (@pintakasari) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading