Sukses

Lifestyle

Mengenal Koko, Gorila Terpintar di Dunia dan Penyayang Kucing

Fimela.com, Jakarta Gorila merupakan spesies kedua yang paling identik dengan manusia selain simpanse. DNA yang dimiliki oleh gorila kurang lebih 97 persen hampir sama dengan manusia. Oleh sebab itu, Gorila disebut-sebut sebagai binatang yang cerdas. Jika dilatih dengan benar, gorila yang berperawakan besar dan menyeramkan, bisa menjadi teman manusia yang menyenangkan. 

Sejarah mencatat, ada satu gorila yang dikenal pintar. Bahkan dirinya disebut-sebut sebagai gorila terpintar di dunia. Namanya adalah Koko. Gorila betina ini lahir pada tanggal 4 Juli 1971 di bukit Woodside, San Francisco, California. Nama Koko adalah singkatan dari Hanabi-Ko, yang dalam bahasa Jepang berarti anak kembang api merujuk dari tanggal kelahirannya yang merupakan hari kemerdekaan Amerika Serikat.

Mengenal Koko, Gorila Terpintar di Dunia dan Penyayang Kucing. (Foto: shawglobalnews.files.wordpress.com)

Pelatihnya, Dr. Francine Patterson mengatakan bahwa Koko dapat mengerti dan melakukan sekurang-kurangnya 1.000 bahasa isyarat dan memahami kurang lebih dari 2.000 kata dalam bahasa Inggris. Karena keistimewaannya, banyak film dokumenter yang mengambil kisah tentang Koko, antara lain 'Koko: Conversation with a Gorilla', 'Koko: A Talking Gorilla' (1977).

Mengenal Koko, Gorila Terpintar di Dunia dan Penyayang Kucing. (Foto: technocracy.news)

Selain itu, Koko dirujuk dalam buku terbitan tahun 2003 yang berjudul 'In Me Own Words: The Autobiography of Bigfoot' karya Graham Roumieu dalam bab yang berjudul 'Me and Koko'. Ada juga buku yang menceritakan kisah tentang rasa sayang Koko kepada All Ball, kucing yang dipeliharanya sejak 1983. Buku tersebut berjudul ‘Koko’s Kitten’. Setelah All Ball meninggal, Koko kembali memelihara kucing, di antaranya bernama Smoky. Karena kepopulerannya, Koko seringkali disambangi oleh beberapa artis Hollywood. Salah satunya komedian legendaris mendiang Robin Williams.

Gorila Koko bersama Robin Williams

Namun di balik kepopulerannya, Koko juga memiliki kisah kontroversi. Koko pernah “terlibat” dalam beberapa kasus tuntutan pelecehan seksual. Sekurang-kurangnya, tiga mantan pegawai Gorilla Foundation, semuanya wanita, menyatakan bahwa mereka dipaksa untuk memperlihatkan buah dada kepada Koko. Mereka mengatakan bahwa Dr Patterson mendukung tindakan ini dan sering menafsirkan isyarat Koko sebagai permintaan untuk memperlihatkan puting susu, dan memberitahu mereka bahwa mereka akan dipecat jika "tidak menuruti kegemaran Koko akan puting susu".

Mengenal Koko, Gorila Terpintar di Dunia dan Penyayang Kucing. (Foto: i.ytimg.com)

Koko diketahui pernah memegang puting susu pria maupun wanita secara main-main tanpa peringatan maupun dipancing-pancing. Dr Patterson menyatakan bahwa Koko menggunakan kata "puting susu" untuk merujuk manusia. Seluruh tuntutan pelecehan seksual telah dibatalkan untuk seterusnya sejak tanggal 21 November 2005 setelah Gorilla Foundation dan semua pihak terkait mencapai kesepakatan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading