Sukses

Lifestyle

Yuk Jadikan Sop Buntut Sebagai Menu Sahur yang Menyegarkan!

Fimela.com, Jakarta Terbiasa dengan membuat makan sahur yang mudah? Eits jangan terlalu sering tergoda dengan gampangnya memasak! Di hari ke 10 Ramadan ini, seharusnya tubuhmu sudah mulai terbiasa dengan rutinitas yang baru. Cobalah untuk membuat hidangan yang sedikit sulit untuk melatih keahlianmu di dapur.

Sop buntut bisa menjadi menu sahur yang menarik untuk dihidangkan. Segarnya kuah yang dicampurkan dengan jeruk nipis, empuknya daging, gurihnya kentang dan wortel bisa membuat kenyang dan lidah bergoyang pada dini hari. Menyenangkan keluarga saat sahur agar kuat berpuasa merupakan hal yang baik untuk dicoba. Ini resepnya!

Kamu membutuhkan:

700 g buntut sapi, cuci bersih
2 L air
150 g wortel, iris tipis
100 g kentang, iris kotak
1/2 sdt pala bubuk
3 cm kayu manis
3 butir kapulaga
3 buah cengkeh
5 buah bawang merah, haluskan
4 siung awang putih, haluskan
2 cm jahe, haluskan
secukupnya garam
secukupnya gula
secukupnya merica
2 btg daun bawang, iris
2 btg seledri, iris
Minyak untuk menumis
Tomat sebagai pelengkap
Bawang goreng sebagai pelengkap

 

A photo posted by Ersa Nanda Pratama (@ersa_nanda) on

Cara membuatnya:

Langkah awal, rebuslah buntut sapi hingga dagingnya empuk. Menggunakan presto, masukkan 1,5 liter air dan buntut sapi ke dalamnya. Tunggu hingga 30 menit. Jika sudah, saringlah air kaldu dan kemudian masukkan kembali buntut sapi ke dalam air kaldu yang sudah disaring. Jangan lupa tambahkan 500 ml air, ya!

Panaskan minyak dan kemudian tumislah bumbu yang sudah dihaluskan hingga wangi. Setelah itu, tuang ke dalam panci berisikan buntut sapi yang sudah dipanaskan. Masukkan juga cengkeh, kapulaga, kayu manis, merica, pala bubuk, potongan wortel serta kentang. Aduklah hingga mendidih. Sop buntutmu sudah jadi! Sajikan dengan taburan daun bawang, tomat serta jeruk nipis akan lebih nikmat!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading