Sukses

Lifestyle

6 Langkah Agar Ibadah dan Karier Selaras di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Beraktivitas di Bulan Suci Ramadan memang tidak mudah. Bukan soal lapar atau kelelahan. Tapi, padatnya kegiatan yang tak berkurang saat kamu puasa kadang membuatmu lupa untuk tetap rajin beribadah. Kamu tentu saja memiliki target karier yang harus tercapai. Tapi bagaimana dengan target ibadahmu?

Karena hal inilah, kadang ibadah dan juga karier kadang tak berjalan dengan mulus. Sebagian orang unggul pada kariernya. Sebagian lagi unggul pada ibadahnya. Padahal, bekerja dan belajar pun juga ibadah. Buat kamu yang ingin menyelaraskan keduanya, simak beberapa tips di bawah ini. 

1. Pertama, kamu setiap hari harus sudah menentukan apa yang ingin kamu makan untuk sahur dan buka puasa. Mungkin terdengar sepele dan tak ada hubungannya dengan keseimbangan ibadah dan juga kariermu. Tapi, apa yang kamu makan sangat berpengaruh terhadap energi yang ada pada tubuhmu. Ketika gizi terpenuhi, sepanjang hari kamu tak akan merasa terlalu letih dan mengantuk meskipun kamu berpuasa dan beraktivitas. 

2. Rencanakan juga kegiatan apa saja yang ingin kamu lakukan selama bulan Ramadan. Rencana per hari mungkin memang perlu. Tapi sebaiknya fokus dengan goal besar yang harus terpenuhi pada akhir Ramadan. Dengan begitu, kamu akan secara otomatis memiliki perencanaan kecil untuk setiap harinya. 

3. Soal target khatam Alquran di Bulan Suci ini, rasanya kadang agak susah untuk dipenuhi. Pasalnya, kamu sangat sibuk di kantor atau di kampus. Apa lagi banyak pekerjaan yang menumpuk atau bahkan ada ujian akhir di bulan puasa ini. Tapi, biar bagaimana pun kamu harus bisa menyediakan waktu untuk membaca Alquran setiap hari. Misalnya, membacanya saat kamu sedang dalam perjalanan ke kantor atau kampus. Bisa juga pada saat istirahat atau sebelum tidur usai belajar dan bekerja. 

4. Meskipun kamu tidak makan dan minum, tetap saja ada waktu istirahat pada siang hari. Nah, biasanya karena bulan puasa orang cenderung memiliki energi tak sebanyak bulan biasanya, mereka memilih untuk tidur. Tak masalah sih, tapi alangkah baiknya kalau kamu memanfaatkan waktu untuk hal lain yang bermanfaat. 

 

A photo posted by L&Jscarves (@ljscarves) on

5. Sabarlah menghadapi cobaan dan juga godaan di kantor atau kampus. Soalnya, pasti ada saja hal yang menjengkelkan setiap harinya. Terlebih lagi, sebagian orang merasa cobaan lebih berat saat mereka berpuasa. Tapi, jangan mau kalah dengan rintangan ini. Usahakan kamu selalu dalam kondisi tenang dan juga sabar. 

 

A photo posted by فاءزه (@fvizx) on

6. Pulang kerja atau kuliah memang inginnya langsung rebahan. Niatnya sih sebentar saja sebelum melakukan hal produktif di malam hari. Tapi istirahat yang terlalu lama membuatmu terlena dan akhirnya lupa dengan beberapa hal penting. Karena itu, sebaiknya kamu rencanakan apa saja yang akan kamu lakukan di rumah, sebelum pulang dari kantor atau kampus. 

 

A photo posted by @umma__shop on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading