Sukses

Lifestyle

Masyarakat Indonesia Waspada Hujan Lebat dan Banjir

Fimela.com, Jakarta Hujan lebat yang beberapa hari ini masyarakat Ibu Kota Jakarta rasakan ternyata juga dialami oleh masyarakat lain dibeberapa daerah di Indonesia. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa dari tinjauan kondisi atmosfer terlihat beberapa indikasi yang menunjukkan adanya potensi hujan lebat di beberapa wilayah Tanah Air dari 17 hingga 20 Juni 2016.

Ada beberapa hal yang menyebabkan hujan lebat yang terjadi dibeberapa wilayah di Tanah Air, seperti masih hangatnya suhu muka laut di atas normal peraiaran Indonesia barat, serta masuknya aliran masa udara basah dari Samudera India di maritime kontinen Indonesia. Lalu, karena lemahnya aliran masa udara dingin Australia di wilayah Indonesia.

 

Sungai Semanggi,pasar kliwon saat ini...seperti taman bermain...#banjir#solo#kotasolo#pemkotsolo

A photo posted by @pungki_rahman on

“Diperkirakan memberikan kontribusi pada peningkatan curah hujan,” jelas Deputi Badan Meteorologi BMKG Yunus S Swarinoto seperti dikutip dari akun Twitter BMKG @infoBMKG. Tak hanya di Jabodetabek beberapa wilayah Indonesia juga akan terjadi hujan lebat, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku, dan Papua.

 

A photo posted by antarafoto (@antarafoto) on

"Untuk itu, masyarakat diimbau agar meningkatkan kewaspadaan pada potensi bencana yang dapat ditimbulkan seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, genangan, dan pohon tumbang," imbau Yunus seperti dikutip dari Liputan6.com, Senin (20/6/2016). Terbukti kini dibeberapa daerah di Indonesia tengah mengalami banjir, seperti yang terjadi di wilayah Solo dan Purworejo.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading