Sukses

Lifestyle

Good News Today: Jajanan Buka Puasa, Makanan Sehat, THR PNS

Bintang.com, Jakarta Bagi warga Indonesia yang tinggal di negeri seperti Australia, kerinduan akan suasana Ramadan di Tanah Air menjadi hal lumrah. Seperti dialami mahasiswa S2 di UNSW, Prima Hadi Putra yang merasakan suasana itu ketika berada di Lakemba, Sydney.

Berpuasa di negeri dengan muslim minoritas memang penuh dengan suka dan duka. Mulai dari masalah yang paling dasar, seperti sulitnya mencari makanan halal untuk dikonsumsi ketika sahur dan berbuka, hingga tiadanya euforia Ramadan layaknya dialami masyarakat di negeri dengan penduduk mayoritas muslim.

Lakemba, tempat itu begitu terkenal dengan surga kuliner halal di Australia. Setiap bulan Ramadan tiba, lokasi tersebut menjadi lebih istimewa karena menu kuliner yang ditawarkan kian beragam.

Masakan-masakan khas dari negeri-negeri muslim seperti Harira, Lahm, Roti Pide, Gozleme, Fesenjan, Samosa hingga Kolak Pisang dan aneka gorengan ala Indonesia tersedia lengkap. Tak lupa juga masakan khas Australia, seperti daging sapi dan ayam panggang, ikan serta kentang goreng.

Seperti yang dikutip dari Liputan6.com, "Hadirnya para penjaja makanan temporer ini membawa keberkahan Ramadan tersendiri. Kami tak kekurangan pesanan bahkan mengalami kenaikan penjualan dengan banyaknya orang yang datang ke sini," ujarnya seperti dikutip dari Australia Plus, Rabu (22/6/2016).

Pasar Bedug, Lakemba, Sydney. (via: liputan6.com)

Bukan rahasia kalau jantung adalah bagian paling vital dalam tubuh, sehingga sangat penting untuk menjaganya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah berolahraga, diet yang sehat dan benar.

Mengonsumsi protein, gandum, dan sayuran adalah pilihan yang tepat untuk jadwal makan sehari-hari. Namun ada beberapa makanan yang tidak begitu baik untuk kesehatan jantung. Maka dari itu, supaya tidak salah pilih makanan, disini ada 3 makanan sehat untuk jantung kamu.

1. Ikan. Dr. Matthew Budoff, M.D., seorang ahli jantung yang bekerja di The Los Angeles Biomedical Research Institute, mengatakan bahwa ikan kaya akan omega-3 yang bisa membantu melindungi dari serangan jantung.

2. Kacang-kacangan. Kacang memiliki reputasi yang kuat untuk jantung, namun jangan asal kacang yang dikonsumsi. Lieberman menyarankan agar mengonsumsi kacang kenari, karena kacang ini mengandung dosis omega-3 yang lebih daripada kacang lainnya.

3. Ubi Manis. Ubi manis yang dibakar adalah pilihan yang tepat untuk jantung yang sehat. Ubi merupakan makanan yang mengandung kalsium, potasium serta vitamin A dan C. Lieberman mengatakan, "Ubi manis bebas lemak, memiliki sodium yang rendah dan merupakan makanan paling bernutrisi, serta merupakan sumber serat yang baik."

Ilustrasi makanan sehat. (via: istimewa)

Akhirnya kabar baik yang dinanti hadir juga. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menerbitkan empat Peraturan Menteri Keuangan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13. Dengan keluarnya aturan tersebut, pemerintah secara resmi mulai mencairkan THR atau gaji ke-14 dan sebagian dari gaji ke-13 pada hari ini (23/6/2016) secara bertahap.

Namun, sejumlah PNS belum menerima THR dan sebagian gaji ke-13 seperti yang dijanjikan pemerintah. Salah satunya dialami Reza, PNS Kemenkeu. "Padahal saya sudah berharap, tadi pagi ngecek, tahunya belum ada di rekening," kata dia.

Seperti yang dikutip dari Liputan6.com, saat dikonfirmasi kepada pihak Kemenkeu, Kepala Pusat Analisis Harmonisasi Kebijakan Kemenkeu, Luky Alfirman mengungkapkan, pembayaran THR dan sebagian gaji ke-13 tergantung masing-masing satuan kerja (satker) sehingga ada PNS yang menerima THR hari ini atau beberapa hari kemudian.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyatakan pemerintah akan memberikan gaji ke-14 atau THR serta gaji pokok gaji ke-13 kepada PNS mulai Kamis ini. "Intinya mulai Kamis, secara bertahap sudah dapat dilakukan pembayaran gaji 13 dan THR," ucap dia.

Ilustrasi THR. (via: istimewa)

;
Loading