Sukses

Lifestyle

Resep Bistik Lidah Sapi untuk Menu Buka Puasa Hari Ini

Fimela.com, Jakarta Lebaran sudah hampir tiba. Puasa pun sudah tinggal menghitung hari. Yang terpenting adalah, Tunjangan Hari Raya (THR) sudah turun dan kamu bisa mulai sedikit bereksperimen di dapur dengan memasak hidangan yang disukai oleh keluarga.

Untuk menu buka puasa hari ini, bagaimana jika dibuat sedikit berbeda? Selain mengenyangkan, kamu juga masih bisa menyantapnya saat sahur nanti. Yup, bistik lidah sapi dijamin bisa membuat keluargamu tersenyum bahagia  kala menyantapnya. Ini resepnya!

Kamu membutuhkan:

1 buah lidah sapi
2 sdm margarin
1/2 buah bawang bombay, cincang
750 ml air
8 sdm kecap manis
2 sdm saus tomat
1 buah pala, memarkan
2 buah tomat potong dadu kecil
secukupnya garam dan merica

Saus keju:
1 sdm margarin
1 sdm tepung terigu
1 sdm bawang bombay cincang
50 gr keju parut
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica
1 sdt peterseli

Cara membuatnya:

Langkah awal, cucilah lidah sapi hingga bersih. Lalu celupkan ke dalam air mendidih selama 5 menit. Kupaslah bagian luarnya lalu kembali cuci. Rebus hingga empuk selama kurang lebih 40 menit di api sedang. Atau bisa juga presto selama 20 menit.

Jika sudah empuk, potonglah dengan ketebalan satu cm. Dalam wajan, tumislah bawang bombay dengan margarine. Jika sudah masukkan lidah, kecap, saus tomat, air, tomat, garam serta merica. Masak hingga airnya menjadi sedikit. Jika sudah sisihkan.

Untuk saus kejunya, tumislah bawang bombay dengan margarine, masukkan tepung dan kemudian aduk rata. Kemudian masukkan susu, keju, garam serta merica. Sajikan saat hangat dilengkapi kentang goreng akan menjadikannya tambah lezat.

 

A photo posted by Rudy Dwi Laksono (@rudy_deel) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading