Sukses

Lifestyle

Good News Today: Kapasitas Listrik, Sel Punca, Elpiji 3 Kg

Fimela.com, Jakarta Kabar baik ini datang dari, PLN yang memperkuat kapasitas listrik di Jawa Timur dengan mengoperasikan 10 transformator/trafo Gardu Induk dengan total daya sebesar 340 Mega Volt Ampere/MVA, serta membangun transmisi 150 kilo Volt di Bangkalan.

Seperti yang dikutip Liputan6.com, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Bali PLN Amin Subekti menuturkan ada tambahan trafo ini dapat meningkatkan pelayanan kelistrikan dan menambah kapasitas pasokan listrik di Jawa Timur. 

"Dengan jaminan suplai energi listrik yang mencukupi dari PLN, memberikan kesempatan para pelaku bisnis dan investor untuk memajukan usahanya di Jawa Timur tanpa khawatir kekurangan listrik," kata Amin, di Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Ilustrasi sutet listrik.

Bagi mereka yang menderita arthritis atau radang sendi di lutut, para peneliti melaporkan dalam sebuah penelitian kecil, dengan hanya satu suntikan sel punca (stem cells) dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Idenya adalah eksperimental: Ekstrak sel-sel punca dari lemak tubuh pasien sendiri--sel dikenal karena kemampuan mereka untuk membedakan dan melakukan sejumlah fungsi regeneratif dan menyuntikkannya langsung ke sendi lutut yang meradang atau terasa sakit.

"Tujuan dari penelitian kecil ini adalah untuk mengevaluasi keamanan dari penggunaan sel punca pasien sendiri untuk mengobati osteoarthritis lutut, selain itu juga menunjukkan bahwa satu kelompok pasien mengalami perbaikan nyeri dan fungsi tubuh," kata Dr Anthony Atala, direktur Hutan Institute Wake untuk Regenerative Medicine, di Winston-Salem, NC. Sungguh kabar yang sangat baik ya.

Ilustrasi radang sendi. (via: istimewa)

Kabar baik selanjutnya datang dari PT Pertamina (Persero) yang menyatakan tidak akan mengurangi pasokan elpiji saat menjelang hari raya Idul Fitri. Bahkan Pertamina akan menambah pasokan elpiji untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro mengatakan, konsumsi elpiji 35 hari menjelang ‎hari Idul Fitri meningkat 109 persen dari konsumsi elpiji normal 20.866 Metric Ton (MT) per hari menjadi 22.662 MT per hari.

"Perkiraan puncak konsumsi harian pada H-9 sampai H-2 sebesar 23.488 Metric Ton per hari atau naik 113 persen," kata Wianda, di Jakarta, Senin (27/6/2016).

Wianda menegaskan, Pertamina tidak akan membatasi pasokan elpiji meski konsumsi ‎meningkat, bahkan Pertamina malah menambah pasokan elpiji. Wuih selamat, ibu kamu bisa masak makanan khas Idul Fitri lebih banyak deh.

Gas Elpiji.

Loading