Sukses

Lifestyle

Jangan Sampai Menumpuk, Ini 4 Cara Mudah Terbebas dari Utang

Fimela.com, Jakarta Hampir setiap orang memiliki utang. Ada yang berutang kepada orang lain, ada juga yang berutang ke sebuah organisasi. Sebagian orang berutang dengan memanfaatkan kartu kredit. Mereka berpikir, kartu kredit merupakan uang pengganti yang ajaib. 

Kartu kredit kadang memang bisa menjadi penyelamat hidupmu. Dengan adanya kartu kredit, pembayaran menjadi lebih mudah dan cepat. Kamu juga akan mendapatkan diskon dan promo. Tapi, tetap saja utang harus dilunasi demi kesehatan finansial di masa depan

1. Ketika kamu memiliki utang yang bertumpuk, atau belum terlunaskan sejak beberapa bulan lalu, ada satu hal yang lebih penting dari kiat terbebas dari utang. Yaitu meneguhkan hati dan bertekad akan melunaskannya. Tekad ini harus seirama dengan niat untuk tidak lagi menunda pembayaran dan akan selalu melunaskan utangmu. 

 

A photo posted by @sideprofit on

2. Untuk bisa membayar tagihan utangmu, tentu saja kamu harus 'putar otak' lantaran jumlahnya kerap kali lumayan banyak. Tapi jangan terlalu diambil pusing. Yang harus kamu lakukan adalah berhemat. Hemat sehemat-hematnya. Hitung benar berapa uang yang masuk. Jangan tunda cicilan pembayaran utangmu. 

 

A photo posted by Ariff, Kuala Lumpur (@arimin2001) on

3. Tak ada jalan pintas di dunia ini. Termasuk untuk melunaskan semua utang-utangmu. Jangan juga menggali lubang lain untuk menutup lubang yang sudah lama kamu gali. Belajarlah untuk jujur kepada dirimu sendiri dan isi dompetmu. 

 

A photo posted by @backroads_bc on

4. Terakhir, jangan pernah berutang lagi sebelum utangmu yang lama benar-benar lunas. Karena, kamu akan kesulitan untuk membayarnya. Lantas, bunga dan denda menjadi berkali lipat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading