Sukses

Lifestyle

Selamat! Buat 763 Pendaftar yang Lulus UM PTKIN STAIN Pekalongan

Bintang.com, Jakarta Melewati Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) itu tidak mudah. Pasalnya, ada 1.111 pendaftar yang mengikuti ujian ini. Namun, keberhasilan diraih 763 pendaftar UM-PTKIN. Mereka semua berhasil lolos ujian tersebut di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan tahun ini. Kelulusannya ditetapkan Senin (18/7) lalu. 

Sebelumnya, mereka melaksanakan ujian selama dua hari, yaitu pada 14-15 Juni lalu. Dilansir dari salah satu media lokal, mereka melaksanakan 4 jenis ujian; Tes Potensi dan Academic Attitude, Kebahasaan, Keislaman, dan Ilmu Pengetahuan Sosial/Alam. 

Kasubbag Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni sekaligus Koordinator Pendaftaran dan Informasi PMB STAIN Pekalongan Muhtar Ali Ahmadi mengatakan kepada salah satu media lokal, ada 904 peserta ujian yang memiliki STAIN sebagai pilihan pertama. Sementara itu, dari 904 peserta tersebut, 763 peserta lulus UM PTKIN. 

Ilustrasi UM PTKIN. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

“Dari total 1.111 calon mahasiswa peserta UM-PTKIN itu, sebanyak 904 diantaranya pilihan pertamanya mendaftar di STAIN Pekalongan. Dari 904 pendaftar ini, 763 orang berhasil lulus UM PTKIN,” ungkap Kasubbag Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni sekaligus Koordinator Pendaftaran dan Informasi PMB STAIN Pekalongan Muhtar Ali Ahmadi, Senin (18/7).

UM PTKIN ini merupakan seleksi masuk untuk beberapa universitas negeri Islam. Seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Istitut Agama Islam Negeri (IAIN), dan STAIN. Ujian ini dilaksanakan di seluruh Indonesia secara bersamaan, di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI. 

 

;
Loading