Sukses

Lifestyle

Tawaran Luhut bagi Kelompok Teroris Santoso yang Mau Menyerah

Bintang.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, selain tindakan tegas, pemerintah juga punya penawaran kepada 19 anak buah Santoso yang mau menyerahkan diri.

Sebagaimana diwartakan Liputan6.com, dalam rapat bersama Komisi III DPR, Luhut menyinggung soal tawaran kompensasi bagi anggota sisa kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT). "Kemarin Santoso sudah kita tembak, sekarang yang 19 tetap kita imbau supaya turun. Kami juga menawarkan kompensasi supaya mau turun," ujar Luhut di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (21/7).

Tidak adanya suplai logistik membuat kelompok teroris Santoso kelaparan dan terjepit (Istimewa)

 

Pada kesempatan yang sama, ia pun menuturkan, pendekatan lunak sedang jadi tren di berbagai negara. Sebagaimana diwartakan Liputan6.comLuhut sempat bercerita perihal kunjungan ke Amerika Serikat saat ia menanyakan biaya melawan kekerasan dengan kekerasan.

"Berapa billion (miliar) dolar kalian habis di Afghanistan dan menghadapi ISIS? Ini (pendekatan lunak) seni, tak bisa dihitung," ujarnya, sebagaimana dimuat Liputan6.comMeski demikian, Luhut tak menjabarkan secara detail upaya pendekatan ke anak buah Santoso.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberi keterangan pers usai melihat jasad Santoso di RS Bhayangkara Palu (Liputan6.com/Dio Pratama)

Sebelumnya, Satgas Tinombala berhasil menembak mati teroris Santoso dan satu anak buahnya di pegunungan Desa Tambarana, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Poso, Sulawesi Tengah, Senin (18/7). Walau telah dipastikan, namun tes DNA tetap dilakukan dan hasilnya dijadwalkan keluar hari ini, Jumat (22/7).

Loading